Ketahui Penyebab Mata Sembap Usai Menangis Semalaman

By On Selasa, Mei 1st, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Manusia dan air mata adalah dua hal yang tak terpisahkan. Selain untuk menjaga kebersihan penglihatan, air mata juga diperlukan ketika ada sesuatu yang menyentuh perasaan terdalam. Ketika diputus sepihak sama pasangan, misalnya. Sedihnya bukan main gara-gara sakit hati. Sakitnya pun juga tidak dirasakan oleh hati, tapi menjalar ke seluruh tubuh hingga sampai ke mata.

Akhirnya kesedihan itu pun menghasilkan butiran-butiran air hangat yang meleleh di pipi. Tak tanggung-tanggung, saking sedihnya, menangis pun sampai semalaman. Herannya, air mata pun tak habis-habis, keluar dari sumbernya di dalam tubuh.

Di pagi hari, sebelum beraktivitas, kepanikan pun terjadi. Mata terlihat sembap sebagai hasil dari menangis semalaman. Aduh, kok bisa sih?

Menurut dr. Sejal Shah dari SmarterSkin Dermatology – Laser Dermatology, New York, mata bengkak akibat menangis semalaman itu karena kelenjar lakrimal di mata terus bekerja memproduksi air mata. Karena bekerja terlalu keras, pembengkakan, atau mata sembap pun terjadi.

Sementara itu, berdasarkan keterangan dari Livestrong, mata sembap setelah menangis itu disebabkan oleh dua hal. Pertama, cairan air mata mengandung garam yang bisa menyebabkan mata menjadi merah. Sementara itu, pembuluh darah di bawah kulit mata yang tipis juga ikut membesar. Inilah yang menyebabkan mata terlihat bengkak setelah menangis.

Kemungkinan kedua adalah ketika menangis, terjadi peningkatan aliran darah di area wajah yang memicu terjadi pembengkakan di kulit bawah mata.

Waduh, kalau ketahuan teman-teman atau rekan di kantor habis menangis semalaman bisa gawat ini. Kalau tak ingin ada orang yang mengetahuinya, ada beberapa cara mudah mengatasi mata sembap.

  • Kompres dengan sesuatu yang dingin pada area yang bengkak atau sembap. Gunakan kain atau handuk untuk dicelupkan ke air dingin. Bisa juga dengan menggunakan es batu dalam bungkusan plastik. Sensasi dingin tersebut akan membantu mengurangi bengkak serta mengatasi rasa nyeri atau sakit pada mata.
  • Pakailah buah-buahan yang mengandung banyak air sebagai masker mata. Mentimun atau kentang bisa menjadi pilihan terbaik.
  • Bila tidak ada mentimun atau kentang, buatlah teh dengan menggunakan teh celup. Kemudian jangan buang kantong tehnya dan tempelkan pada mata. Kandungan kafein akan membantu mengecilkan pembuluh darah yang melebar di sekitar kulit mata. Tehnya bisa diminum untuk menenangkan hati.
  • Lakukan kompres mata ini selama sepuluh menit saja. Agar terasa lebih relaks, lakukan kompres mata dengan posisi tubuh terbaring dengan kepala lebih tinggi.
  • Gunakan tetes mata Braito Original sebanyak 1-2 tetes selama 2-3 kali sehari. Tujuannya untuk mengatasi kemerahan, mengurangi radang pembuluh darah di sekitar mata, serta menyegarkan kembali pandangan.
  • Bila dalam tiga hari mata terus menerus bengkak tanpa ada tanda-tanda berkurang, segera daftarkan diri ke dokter mata terdekat. Bisa jadi ada satu atau dua fungsi mata yang terganggu setelah terlalu lama menangis.

Setelah mata sembap teratasi, saatnya untuk bangkit berdiri. Jangan sampai orang yang menyakiti Sahabat Braito terus hidup dalam kenangan. Saatnya untuk move-on dan menikmati kebebasan sebagai seorang bujang. Siapa tahu, minggu depan sudah punya pacar baru lagi.

Ketahui Penyebab Mata Sembap Usai Menangis Semalaman | Admin | 4.5