Kesehatan Mata Bisa Pengaruhi Kesehatan Tubuh?

By On Selasa, Mei 1st, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Organ mata adalah salah satu elemen tubuh manusia yang sangat vital. Dengannya, Sahabat Braito bisa melihat indahnya dunia. Tak heran kalau mata diibaratkan sebagai jendela dunia karena merupakan sarana untuk mengetahui apa yang ada di depannya.

Bicara tentang mata, dunia pun juga tahu apa yang terjadi pada seseorang lewat matanya. Terutama mengenai masalah kesehatan. Ketika ada problem yang membuat tubuh merasa sakit, mata pun juga memberikan tanda-tanda tertentu.

Buat yang merasa ada keganjilan pada mata, coba simak beberapa petunjuk di bawah ini. Siapa tahu dari mata Sahabat Braito bisa diketahui bahwa terdapat masalah kesehatan di dalam tubuh.

Ukuran Pupil Berbeda

Waspadai bila ukuran pupil antara kiri dan kanan memiliki perbedaan. Pupil mata normal akan membesar dan mengecil secara bersamaan. Namun bila salah satu darinya punya ukuran lebih besar atau lebih kecil dari yang lain bisa jadi Sahabat braito memiliki risiko tinggi mengalami stroke, tumor saraf optik, atau tumor otak.

Mata Sensitif Terhadap Cahaya

Bila mata perih atau terasa sangat silau saat berhadapan dengan cahaya, mungkin saja ada masalah pada sistem imun. Salah satu yang patut dikhawatirkan adalah sindrom Sjogren, di mana sel pertahanan tubuh malah menyerang dan menghancurkan kelenjar eksokrin yang memroduksi air mata dan liur. Kaum wanita berusia di atas 40 tahun rentan harus selalu waspada karena rentan mengalami hal ini.

Mata Katarak

Mata katarak terjadi ketika lensa mata menjadi putih dan keruh. Memang ada cara mudah untuk mengembalikan kondisi mata, yaitu dengan jalan operasi. Mata katarak bisa timbul sebagai akibat dari efek samping penggunaan obat-obatan tertentu, serta penyakit diabetes dan tumor.

Mata Gatal

Mata gatal merupakan pertanda bahwa sedang terjadi gangguan pada penglihatan. Biasanya rasa gatal muncul menyertai mata kering karena kurang tidur atau hilang kelembapannya akibat berlama-lama di depan layar komputer. Sebelum sakit mata menjadi buruk, segera sembuhkan dengan Braito Tears, yang bekerja efektif melumasi dan menyegarkan kembali bola mata. Pakai 1-2 tetes, 2-3 kali sehari pada kedua mata untuk mengatasi gejala mata kering.

Cincin Abu-Abu Pada Kornea Mata

Bila di sekitar kornea mata terlihat cincin berwarna abu-abu, bisa jadi itu adalah pertanda bahwa kadar kolesterol dan trigliserida dalam tubuh terlalu tinggi. Kalau pertanda ini muncul, tak ada salahnya untuk mulai mengatur pola makan karena gangguan tersebut bisa memicu penyakit jantung dan stroke.

Benjolan Kuning atau Bintik Coklat

Dalam dunia medis, benjolan kuning yang terdapat di kelopak mata menunjukkan bahwa kadar  kolesterol terlalu tinggi. Benjolan tersebut merupakan timbunan lemak yang mengumpul di area mata. Hati-hati, Sahabat Braito. Kolesterol terlalu tinggi bisa menyebabkan penyakit arteri koroner, lho.

Bintik Coklat Pada Kelopak Mata

Satu lagi yang perlu diwaspadai adalah munculnya bintik-bintik berwarna coklat pada kelopak mata. Kemungkinan ini adalah pertanda awal dari kanker kulit. Segera hubungi dokter supaya tahu ada apa di balik bintik-bintik coklat tersebut.

Mata Kuning atau Berdarah

Bila putih mata berubah menjadi sedikit kekuning-kuningan, ada yang harus dikhawatirkan dengan empedu. Segera hubungi dokter dan lakukan tes darah untuk memastikan apakah mata kuning tersebut merupakan masalah pada sistem metabolisme tubuh.

Sementara itu, mata yang mengeluarkan darah berarti ada pembuluh darah yang pecah, membuat mata terasa sakit dan bernoda kotor. Penyebabnya adalah tekanan darah tinggi, yang membuat pembuluh darah di retina jadi kaku dan terpelintir. Selain itu, mata merah darah ini juga bisa mengancam jiwa karena merupakan gejala awal dari stroke.

Jaga selalu kesehatan mata, Sahabat Braito. Milikilah mata sehat, yang berarti bahwa sang pemilik mata memiliki badan yang segar dan bugar.

Kesehatan Mata Bisa Pengaruhi Kesehatan Tubuh? | Admin | 4.5