Kedutan Mata Kiri, Sahabat Braito Perlu Segera Menangani

By On Selasa, Mei 1st, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Coba jawab dengan jujur, apa yang Sahabat Braito lakukan ketika mengalami kedutan mata?

Sebagian besar pasti menjawab membuka primbon online, sambil mencari-cari apa makna di balik kedutan. Masyarakat Indonesia memang memiliki kepercayaan pada mitos bahwa kedutan adalah pertanda atas apa yang akan terjadi di masa depan. Dengan mengingat waktu dan letak kedutan, kemudian dicocokkan dengan apa yang telah tercatat di primbon online tadi. Hasilnya, ada yang gembira melihat ramalan yang positif, sementara yang bakal mendapatkan nasib buruk wajahnya pucat pasi.

Secara tradisional, mungkin Sahabat Braito bisa menghubungkannya dengan pertanda. Tapi ada satu hal yang tidak bisa dipungkiri, yaitu penjelasan secara ilmiah atau kedokteran mengenai kedutan, terutama pada mata sebelah kiri. Berdasarkan penjelasan dari Burt Dubow, OD, FAAO, yang merupakan ahli mata dari Contact Lens and Cornea Section of the American Optometric Association, kedutan tersebut bisa jadi adalah sinyal bahaya yang dikirimkan oleh tubuh kepada pemiliknya bahwa ada sesuatu yang tidak beres dengan kesehatan mereka.

Pertanda apakah?

Terlalu Banyak Beban Pikiran

Kadang manusia tidak menyadari bahwa dirinya sedang mengalami stres. Beban pikiran, pekerjaan, dan berbagai tanggung jawab lainnya sudah pasti bakal membuat pikiran mereka tidak santai dan tubuh merasa tegang. Kalau sempat mengalami kedutan di mata kiri, coba introspeksi diri, apakah Sahabat Braito terlalu keras dengan tubuh sendiri? Bila benar, cobalah untuk melambatkan waktu. Mengambil cuti liburan, perbanyak waktu santai saat tiba di rumah, atau belajar menghadapi tantangan dengan lebih tenang.

Kurang Istirahat

Problem masyarakat modern adalah kurang tidur. Ketika segala pekerjaan begitu menyita waktu, di akhir hari, banyak di antara mereka yang lebih memilih untuk tidur terlambat demi menikmati indahnya dunia. Membaca buku, menonton film atau televisi, bermain game, dan masih banyak lagi lainnya. Padahal kebiasaan ini bisa merusak kesehatan.

Untuk melancarkan ‘aksi protes,’ salah satu pertanda yang diberikan oleh tubuh adalah dengan kedutan. Mulailah atur waktu supaya mendapatkan tidur yang layak.

Mata Lelah

Mata lelah akibat terlalu lama melihat layar komputer atau membaca di tempat yang kurang penerangan juga bisa menimbulkan kedutan di daerah sekitar mata. Bila muncul tanda-tanda ini, segera istirahatkan mata selama beberapa menit. Berikan pula obat tetes mata yang bisa menyamankan dan me-rileks-kan otot-otot penglihatan supaya tidak tegang dan siap untuk diajak bekerja lagi.

Gangguan Pada Syaraf atau Otak

Salah satu pertanda kedutan yang paling ditakuti adalah fakta bahwa ada gangguan pada sistem syaraf atau otak. Bila kedutan bikin sulit untuk membuka kelopak mata, terjadi terus-menerus selama berminggu-minggu, membuat mata merah, keluar cairan, serta bengkak, dan denyutan meluas ke daerah wajah lainnya, segera periksakan diri ke dokter spesialis.

Secara kedokteran, kedutan memang tak boleh dianggap remeh, Sahabat Braito. Untuk itu, waspadailah kalau hal ini terjadi. Jangan membuka primbon online terlebih dahulu. Cari informasi sebanyak-banyaknya untuk mengetahui apa yang salah dengan tubuh ketika kedutan di mata kiri terjadi.

Kedutan Mata Kiri, Sahabat Braito Perlu Segera Menangani | Admin | 4.5