Jenis Gangguan atau Kelainan Pada Tulang dan Cara Mengatasinya

By On Jumat, Oktober 12th, 2018 Categories : Tak Berkategori

Pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai kelainan pada tulang beserta cara mengatasinya. Tulang adalah salah satu bagian tubuh yang memiliki peran sangat penting. Tulang berfungsi untuk memberi bentuk tubuh dan juga sebagai alat gerak pasif. Tidak hanya itu, tulang juga berfungsi untuk melindungi organ vital yang ada di dalam tubuh. Misalnya saja otak, jantung, paru-paru dan organ vital lainnya. Tulang memiliki persendian karena fungsinya sebagai alat gerak tubuh. Namun terdapat gangguan pada tulang yang dapat terjadi karena berbagai faktor, untuk lebih jelasnya simak uraian berikut ini.

Kelainan Pada Tulang - Jenis Gangguan atau Kelainan Pada Tulang dan Cara Mengatasinya

Jenis Penyakit Kelainan Pada Tulang

Gangguan yang dapat terjadi pada tulang sendiri cukup banyak dan dapat disebabkan oleh faktor yang berbeda-beda. Berikut ini akan disampaikan beberapa kelainan pada tulang, diantaranya yaitu:

1. Penyakit yang merusak tulang

Untuk kelainan pada tulang manusia yang merusak tulang ada beberapa jenis, di antaranya yaitu:

  • Osteoporosis

Penyakit ini merupakan penyakit kesehatan tulang, penyebabnya yaitu kurangnya zat kapur atau kalsium di dalam tubuh. Jika sudah terkena penyakit ini maka tulang tubuh sangat rentan patah ataupun retak. Kelainan pada tulang yang satu ini lebih berisiko dialami oleh kaum wanita yang sudah berusia lanjut. Untuk pencegahannya, Anda dapat mengonsumsi makanan yang kaya akan kalium dan vitamin D. Beberapa makanan yang disarankan yaitu ikan dan susu, konsumsi dalam dosis yang cukup.

  • Polio

Kelainan pada tulang berikutnya yaitu polio, kelainan ini juga merupakan penyakit yang merusak tulang. Penyakit polio dapat menyebabkan kelumpuhan dan membuat tulang mengecil. Untuk pencegahannya yaitu dengan memberikan vaksin polio sejak dini atau sebelum berusia 5 tahun.

  • Rematik

Rematik adalah kelainan pada sendi, penyakit ini memang lebih menyerang bagian persendian. Jika penyakit ini meradang maka sendi-sendi di tubuh akan terasa nyeri dan bahkan rasa sakitnya tidak tertahankan. Umumnya penyakit ini menyerang sendi pada kaki, tangan dan juga siku. Jika Anda sudah menderita kelainan pada sendi yang satu ini maka perlu segera melakukan pengobatan. Jika tidak maka sangat berbahaya bagi kesehatan yaitu dapat menimbulkan komplikasi.

  • TBC tulang

Kelainan pada tulang yang menyebabkan kerusakan tulang yaitu TBC tulang. Penyakit yang satu ini akan membuat tulang menjadi lemah dan bahkan bernanah. Hal tersebut dapat menyebabkan rasa sakit yang begitu luar biasa. Untuk mengatasi penyakit ini, Anda harus tinggal di tempat yang bersih dan tidak lembab. Jika tidak ingin mengalami kelainan pada tulang yang satu ini, usahakan untuk mendapatkan sinar matahari yang cukup. Untuk pasien yang dirawat di rumah sakit maka perlu diberi perawatan intensif. Selain itu, pengobatannya haruslah disertai dengan pemberian makan yang kaya akan gizi.

2. Penyakit karena sikap tubuh

Sikap tubuh Anda juga dapat menyebabkan kelainan pada tulang, berikut adalah gangguan pada tulang belakang:

  • Lordosis

Tulang punggung terlalu bengkok ke depan, untuk mengatasinya maka perlu membiasakan untuk bersikap tubuh yang benar. Gangguan pada tulang ini biasanya disebabkan kebiasaan duduk Anda yang terlalu membusungkan dada Anda ke depan.

  • Kifosis

Tulang punggung terlalu bengkok ke belakang, kelainan pada tulang ini disebabkan kebiasaan duduk terlalu membungkuk.

  • Skoliosis

Tulang punggung terlalu bengkok ke kanan atau dapat pula terlalu bengkok ke kiri. Kelainan ini dapat disebabkan oleh posisi duduk yang sering miring. Dapat juga disebabkan karena mengangkat berat badan yang berlebih hanya pada satu sisi.

3. Penyakit pada tulang karena kecelakaan

Kelainan pada tulang juga dapat disebabkan karena kecelakaan. Ada 2 jenis penyakit tulang akibat kecelakaan, di antaranya yaitu:

  • Fraktur

Fraktur atau biasa disebut patah tulang adalah kondisi di mana kontinuitas tulang terputus. Hal tersebut ditentukan sesuai dengan jenis dan juga luas retak ataupun patah tulang secara utuh.

  • Urai sendi

Kelainan pada tulang yang satu ini yaitu terlepasnya ujung-ujung tulang dari sendi.

4. Kelainan tulang karena infeksi

Infeksi juga dapat menyebabkan gangguan atau kelainan yang terjadi pada tulang. Beberapa gangguan tersebut di antaranya yaitu:

  • Artritis eksudatif

Kelainan pada tulang ini dapat disebabkan oleh peradangan yang terjadi pada selaput sendi.

  • Artritis sika

Gangguan pada tulang ini terjadi karena kekurangan minyak synovial atau pelumas sendi.

Gangguan pada tulang akibat infeksi lainnya yaitu ketika sakit sendi karena serangan penyakit kelamin seperti Syphilis atau Gonorea. Infeksi tersebut biasanya menghasilkan nanah dan membuat sendi terasa sakit. Kelainan pada tulang lainnya yaitu sendi yang terasa kaku karena pengaruh dari penyakit kronis berbahaya. Ada pula gangguan pada tulang yang menyerang anak-anak yaitu polio akibat virus. Virus tersebut dapat membuat tulang menjadi abnormal dan tulang menjadi mengecil.

Itulah beberapa jenis kelainan pada tulang dan cara mengatasinya yang dapat disampaikan. Agar tulang Anda tetap sehat dan kuat, konsumsilah gizi yang cukup dan biasakan untuk bersikap tubuh yang benar. Usahakan agar punggung Anda dalam posisi yang tegak, terutama ketika mengangkat beban dari lantai. Selain itu ketika Anda duduk atau berdiri sebaiknya juga dalam posisi punggung yang tegak. Di mana tulang leher dan juga tulang leher beserta tulang belakang Anda berada pada garis lurus. Demikian yang dapat disampaikan mengenai jenis kelainan pada tulang, semoga bermanfaat.

Jenis Gangguan atau Kelainan Pada Tulang dan Cara Mengatasinya | Admin | 4.5