Jarang Ada Yang Tahu, Istana Negara Indonesia Rupanya Lebih Dari Satu

By On Selasa, Mei 1st, 2018 Categories : Lifestyle, Menarik

Braito.co.id – Coba sebutkan, di manakah letak Istana Negara Indonesia? Sebagian besar Sahabat Braito pasti menjawab, kalau Istana Negara Indonesia itu terletak di Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Ya, sebagai pusat pemerintahan, Istana Negara ini memang menjadi tempat persinggahan Bapak Joko Widodo, Presiden RI saat ini, serta mantan-mantan Presiden RI sebelumnya. Namun ada yang aneh, Istana Negara tidak hanya yang berada di Jalan Merdeka Utara. Indonesia ternyata memiliki enam Istana Negara di lokasi yang berbeda-beda, lho.Jarang Ada Yang Tahu Istana Negara Indonesia Rupanya Lebih Dari Satu - Jarang Ada Yang Tahu, Istana Negara Indonesia Rupanya Lebih Dari Satu

Keenam Istana tersebut adalah Istana Merdeka, Istana Negara, Istana Tampak Siring, Istana Bogor, Gedung Agung Yogyakarta, serta Istana Cipanas. Nah, pasti belum tahu tentang istana-istana yang lain kan? Maklum, pemberitaannya memang jarang yang diekspos oleh media. Tapi tidak ada salahnya kalau kita mengetahui lebih dekat Istana-Istana Negara yang ada di Indonesia.

Istana Merdeka

 

Istana Merdeka - Jarang Ada Yang Tahu, Istana Negara Indonesia Rupanya Lebih Dari Satu
© https://upload.wikimedia.org

Ini adalah Istana Negara yang sering terlihat di layar televisi. Di sini adalah tempat Pak Jokowi mengadakan acara-acara kenegaraan, seperti menjamu tamu atau diplomat dari luar negeri yang berkunjung ke Indonesia. Istana Merdeka terletak di Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, dan menjadi ‘rumah’ resmi  sang Kepala Negara.

Istana Negara

Istana Negara - Jarang Ada Yang Tahu, Istana Negara Indonesia Rupanya Lebih Dari Satu© http://media.viva.co.id

Istana Negara merupakan Istana Kepresidenan yang lokasinya berada di Jalan Veteran, Jakarta Pusat. Istana ini letaknya satu kompleks dengan Istana Merdeka dan memiliki tiga bangunan penting, Bina Graha, Wisma Negara, serta Kantor Kementerian Sektetariat Negara Republik Indonesia. Bedanya, kalau Istana Merdeka menghadap ke Jalan Medan Merdeka, Istana Negara bukan di Jalan Negara ya, melainkan Jalan Veteran.

Istana Tampak SiringIstana Tampak Siring - Jarang Ada Yang Tahu, Istana Negara Indonesia Rupanya Lebih Dari Satu

© http://www.wisatamurahbali.info

Jauh dari keramaian Kota Jakarta dan menuju ke Gianyar, Bali, terdapat Istana Tampak Siring. Sebuah Istana Kepresidenan dengan desain yang sangat menjunjung tinggi budaya masyarakat Bali. Mulai dari gapura gerbang hingga halaman dalamnya. Menariknya, inilah satu-satunya Istana Negara yang dibangun oleh pemerintah Indonesia, sementara lainnya merupakan peninggalan Belanda.

Istana Bogor

Istana Bogor - Jarang Ada Yang Tahu, Istana Negara Indonesia Rupanya Lebih Dari Satu
© https://upload.wikimedia.org

Satu hal yang diingat oleh orang yang pernah berkunjung ke Istana Bogor adalah udaranya yang sejuk dan segar, serta rusa-rusa yang ada di halamannya. Kabarnya, rusa-rusa ini datang langsung dari Nepal dan menjadi penghuni tetap di Istana Kepresidenan ini. Setiap hari Sabtu, Minggu dan hari libur, jalan-jalan di sekitar Istana Bogor ini akan diserbu oleh warga Bogor yang ingin memberi makan rusa-rusa tersebut. Sesuai dengan namanya, Istana ini terletak di Bogor, Jawa Barat.

Gedung Agung Yogyakarta

Gedung Agung Yogyakarta - Jarang Ada Yang Tahu, Istana Negara Indonesia Rupanya Lebih Dari Satu
© http://www.hdesignideas.com

Di Yogyakarta ternyata juga ada Istana Kepresidenan lho, Sahabat Braito. Namanya adalah Gedung Agung Yogyakarta dan terletak di Jalan Ahmad Yani, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta. Dengan lahan seluas 43 ribu meter persegi, Istana ini begitu luas dan asri. Gedung Agung Yogyakarta didirikan oleh Pemerintah Belanda atas prakarsa Anthony Hendriks Smissaerat di tahun 1824 dan rampung tahun 1835, sempat tertunda pembangunannya karena ada Perang Diponegoro. Selain itu, Istana ini juga pernah menjadi Istana Kepresidenan ketika ibukota pemerintahan dipindah ke Yogyakarta tahun 1946.

Istana Cipanas

Istana Cipanas - Jarang Ada Yang Tahu, Istana Negara Indonesia Rupanya Lebih Dari Satu
© panoramio.com

Inilah Istana terakhir dari enam Istana Negara Indonesia, serta Istana kedua yang ada di Jawa Barat setelah Istana Bogor. Sesuai namanya, Istana ini terletak di Desa Cipanas. Luas tanahnya 26 hektare, namun luas bangunan hanya sekitar 7.000 meter persegi saja. Sisanya diisi dengan tanaman dan kebun yang asri. Istana Cipanas juga salah satu bangunan peninggalan jaman Belanda dan dibangun tahun 1740. Istana Cipanas menjadi saksi sejarah ketika Presiden pertama RI, Ir. Sukarno menetapkan perubahan nilai mata uang, dari Rp 1.000,- menjadi Rp 1,-.

Nah, sudah tahu kan bahwa Indonesia punya enam Istana Negara? Yang pasti, semuanya memiliki kemegahan dan keindahan di dalamnya. Beberapa di antaranya terbuka untuk umum sehingga sudah waktunya bagi Sahabat Braito untuk mengatur jadwal, mengunjungi Istana-Istana Negara tersebut.

Jarang Ada Yang Tahu, Istana Negara Indonesia Rupanya Lebih Dari Satu | Admin | 4.5