Jangan Lengah Menjaga Kesehatan Mata Saat Musim Hujan Tiba

By On Selasa, Mei 1st, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Musim hujan, bikin hati terasa kelu buat para jomblo yang sedang memandangi hujan di balik jendela rumah. Namun, untuk yang sudah berpasangan, musim yang terasa dingin ini bakal bikin dunia makin romantis. Bisa nge-teh bareng, dinner bareng ditemani lilin saat lampu mati, atau hanya duduk diam berdua sambil melihat ke mana arah titik air hujan yang menuruni kaca jendela.

Namun, di balik keindahan musim hujan tersimpan ancaman. Salah satunya bisa mengganggu kesehatan mata. Menurut Profesor dr. Sjamsu Budiono, Sp.M., dari Departemen Ilmu Kesehatan Mata FK Unair, kelembapan di musim hujan membuat virus dan bakteri berkembang pesat. Beberapa gangguan pun bisa terjadi, seperti mata kering, air mata yang berlebihan, serta sensasi rasa perih yang menyertainya. Belum lagi munculnya kotoran mata saat bangun tidur.

Khusus untuk gejala mata kering, Sahabat Braito bisa mengatasinya dengan meneteskan Braito Tears. Tetes mata dengan formula Hydroxy Propyl Methyl Cellulose untuk menyejukkan dan melumasi mata agar terasa lembap dan tidak kering. Cukup 1-2 tetes pada kedua mata, gangguan mata kering pun bisa diatasi dengan cepat.

Di sisi lain, ada beberapa faktor yang membuat musim hujan menjadi rentan bagi kesehatan mata. Pada saat musim hujan berarti sinar matahari berkurang akibat mendung yang menggelantung. Kondisi yang lembap ini membuat virus dan bakteri bisa berkembang biak dengan mudah dibandingkan dengan saat musim sedang cerah.

Selain itu, musim hujan adalah musimnya angin kencang. Debu dan kotoran yang mengandung kuman pun beterbangan di sekitar Sahabat Braito. Kalau menempel ke mata, terjadilah gangguan tersebut. Belum lagi tetesan air hujan yang mengandung polusi dan mengguyur seluruh tubuh, termasuk mata. Itulah beberapa faktor dari luar yang menyebabkan gangguan pada mata.

Sakit mata di musim hujan pun juga bisa terjadi karena daya tahan tubuh yang lemah. Perubahan suhu yang sangat fluktuatif membuat tubuh harus bekerja keras mengimbanginya dan melindungi dari berbagai penyakit. Hal ini membuat seseorang sangat mudah sakit ketika musim hujan datang.

Selain sakit mata ringan, penyakit infeksi mata juga sering terjadi para manusia. Gangguan tersebut disebabkan oleh virus, bakteri atau jamur. Dalam kasus yang parah, gangguan mata tersebut disertai dengan rasa nyeri dan bengkak, sampai-sampai mengalami penurunan kemampuan penglihatan karena terjadinya komplikasi.

Penularan tersebut terjadi karena adanya kontak dengan cairan mata penderita penyakit mata. Namun ingat, jangan percaya mitos bahwa melihat orang sakit mata bisa tertular penyakitnya. Tidak ada fakta medis yang mendukung pendapat tersebut.

Lantas, apa yang harus dilakukan ketika mengalami gangguan mata parah di musim hujan?

Hal pertama yang harus dilakukan tentu saja menemui dokter atau ahli mata agar mendapatkan diagnosa dan penanganan yang tepat. Jangan anggap sepele gangguan mata karena bisa menyebabkan komplikasi yang membuat penyakit mata jadi lebih berat, seperti keratitis dan ulcus kornea.

Untuk mencegah sakit mata datang saat musim hujan tiba, perbanyaklah istirahat, makan makanan yang mengandung asupan vitamin, berolahraga, serta banyak minum air putih. Biasakan pula untuk selalu mencuci tangan, kapan pun dan di mana pun. Kurangi jugakebiasaan mengusap wajah dan mata, terutama saat terasa gatal dan berair. Bagi para pecinta rokok sebaiknya mengurangi hobi mereka karena iritasi mata akibat asap rokok sangat rentan terserang infeksi mata.

Di rumah, selalu biasakan segera mandi dan ganti baju setelah terkena hujan agar kuman dan bakteri segera terbilas. Sediakan obat tetes mata di kotak obat. Jaga sirkulasi udara di rumah agar selalu baik dan tidak lembap. Terakhir, pastikan rumah agar terbebas dari debu dan kotoran.

Dengan langkah-langkah pencegahan di atas, Sahabat Braito berarti sudah menyediakan payung sebelum hujan. Menangkal penyakit sebelum datang. Semoga bisa diaplikasikan, ya.

Jangan Lengah Menjaga Kesehatan Mata Saat Musim Hujan Tiba | Admin | 4.5