Jaga Mata Tetap Sehat Saat Menjelajah Gumuk Pasir Parangkusumo

By On Selasa, Mei 1st, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Sahabat Braito, tahu nggak kalau Indonesia ternyata juga punya padang pasir? Pasti penasaran semua kan? Sebenarnya ini bukan padang pasir yang luas dan bisa ditemukan di Gumuk Pasir Parangkusumo, Yogyakarta. Jadi kalau ke pusatnya Pulau Jawa, jangan melulu pergi ke Malioboro terus pulang. Lengkapi petualangan dengan mengunjungi Gumuk Pasir Parangkusumo ini.Jaga Mata Tetap Sehat Saat Menjelajah Gumuk Pasir Parangkusumo - Jaga Mata Tetap Sehat Saat Menjelajah Gumuk Pasir Parangkusumo

Apa yang bikin Gumuk Pasir Parangkusumo layak untuk dikunjungi? Pertama, fenomena alam gundukan pasir ini hanya ada dua di dunia, Meksiko dan satu lagi, di Yogyakarta. Ketimbang harus bayar tiket pesawat mahal-mahal ke Meksiko, kenapa tidak menikmati keasrian alam buatan Ibu Pertiwi?

Gumuk Pasir Parangkusumo ini letaknya berada di antara Pantai Parangtritis dan Pantai Depok. Bicara tentang proses pembuatan alam, pasir-pasir yang ada di tempat tersebut merupakan pasir yang dibawa dari Gunung Merapi. Bukan dengan menggunakan truk pengangkut pasir, melainkan proses alam yang terjadi selama ribuan tahun.

Pasir terbawa oleh aliran Sungai Opak, Sungai Progo, dan sungai-sungai lainnya hingga menuju laut. Pasir yang karas kemudian terombang-ambing ombak hingga akhirnya menjadi butiran-butiran halus dan mengumpul di pantai. Debu-debu ini diterbangkan angin selama bertahun-tahun hingga akhirnya membentuk Gumuk Pasir tersebut.

Nah, kalau di tempat ini harus benar-benar menjaga kesehatan mata. Hembusan angin yang kencang dan butiran pasir yang beterbangan bisa mendatangkan bahaya buat penglihatan. Kelilipan, atau mata kemasukan pasir, hingga mengalami iritasi mata bukanlah sesuatu yang asing terjadi

Makanya, pastikan untuk selalu membawa Braito Original saat mengunjungi tempat ini. Dengan formula Tetrahydrozoline Hydrochloride, Braito Original dapat membantu mengatasi iritasi mata yang salah satunya disebabkan oleh terpaan pasir yang mengenai mata. Cukup gunakan 1-2 tetes pada mata yang terkena iritasi. Berikan 2-3 kali sehari hingga kesehatan mata pulih kembali.

Selain itu, di Gumuk Pasir tersebut ada berbagai sudut dengan ‘ukiran alam’ yang menarik. Gundukan-gundukan yang membentuk lengkungan seperti bulan sabit, atau bentuk-bentuk lainnya mengajak setiap orang untuk berpetualang, menjelajah setiap sudutnya. Kalau ketemu sudut yang bagus, jangan lupa untuk mengabadikannya ke Instagram atau media sosial lainnya.

Selain itu, buat yang suka ber-skateboard boleh menjajal untuk menaklukkan turunan Gumuk Pasir Parangkusumo yang bisa menjualng tinggi hingga 20 kilometer. Olahraga ini dinamai Sandboarding, yaitu menaklukkan pasir-pasir dengan menggunakan papan. Sensasinya tidak kalah seru dengan selancar ombak, lho.

Karena semakin populer, beragam fasilitas sudah tersedia di Gumuk Pasir Parangkusumo. Perlengkapan sandboarding tak perlu bawa dari rumah. Cukup sewa saja di tempat. Selain itu terdapat pula rumah ibadah biar liburan tetap beriman. Untuk yang lapar, ada warung-warung yang menyediakan makanan dan minuman pelepas dahaga. Beberapa penginapan juga tampak terlihat dan siap menyambut para tamu yang tidak akan puas hanya dengan mengunjungi Gumuk Pasir selama sehari saja.

Dengan akses jalan yang mudah dan kelengkapan fasilitas, rasanya tidak ada alasan lain untuk menunda keberangkatan Sahabat Braito ke Gumuk Pasir Parangkusumo. Tulis tempat ini ke dalam agenda liburan berikutnya dan rasakan sensasi berjalan di padang pasir yang terdapat di Pulau Jawa.

Jaga Mata Tetap Sehat Saat Menjelajah Gumuk Pasir Parangkusumo | Admin | 4.5