Ini yang Membedakan Mata Manusia dan Hewan

By On Selasa, Mei 1st, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Setiap makhluk hidup memiliki mata sebagai indera penglihatan. Tapi apakah fungsi dan cara kerjanya juga sama?Ini yang Membedakan Mata Manusia dan Hewan - Ini yang Membedakan Mata Manusia dan Hewan

Ternyata tidak, Sahabat Braito. Beda makhluk, beda bentuk, beda pula fungsi dan kinerja mata. Kali ini Sahabat Braito akan diajak untuk merasakan, bagaimana rasanya memiliki mata layaknya hewan-hewan dan mengetahui bagaimana bedanya dengan mata manusia yang bisa menangkap jutaan warna.

Tupai

Bagi manusia, tupai terlihat memiliki bulu-bulu coklat, berlompatan di pepohonan dengan daun yang hijau. Tapi untuk seekor tupai saat melihat manusia, ia hanya bisa melihat tiga warna saja, hitam, putih, serta sedikit warna hijau dari daun atau rumput. Duh, melihat kaumnya sendiri saja tupai sudah bosan. Apalagi melihat manusia?

Kumbang Chysina Chysargirea

Chysina Chysargirea adalah kumbang asli Kosta Rika dengan bodi yang sangat menarik, seperti dilapisi oleh emas. Di balik keindahannya, ia tidak memiliki pandangan yang kaya seperti manusia. Matanya hanya bisa melihat pantulan cahaya yang tidak bisa dilihat oleh orang biasa.  Menurut penelitian, penglihatan tersebut digunakan sebagai sarana komunikasi antar-sesama chysina.

Anjing

Anjing adalah makhluk cerdas yang bahkan masih bisa mengenali sang pemilik meski terpisah selama berbulan-bulan lamanya. Buat yang membayangkan penglihatan anjing itu seperti manusia, Sahabat Braito ternyata salah besar. Anjing hanya bisa melihat warna cokelat, kuning dan biru saja. Meski begitu ia memiliki kelebihan penglihatan ketimbang manusia, yaitu cakupan pandangan yang lebih lebar.

Kucing

Sama seperti anjing, kucing pun ternyata juga kelemahan dalam penglihatannya. Hewan menggemaskan ini hanya bisa melihat warna coklat, kuning, dan biru. Meski begitu, bukan berarti pandangan ini adalah sebuah kelemahan. Lewat proses evolusi raturan ribu tahun, kucing mendapatkan pandangan tersebut yang diperlukannya dalam bertahan hidup. Selaini tu, kucing memiliki dua lapisan kelopak mata, salah satunya  berada di bagian dalam untuk perlindungan.

Burung

Mata burung memiliki keistimewaan,yaitu bisa melihat cahaya ultraviolet. Sesuai dengan namanya, cahaya tersebut berwarna ungu dan tidak bisa dilihat oleh manusia. Ini karena burung memiliki empat jenis sel kerucut yang disebut fotoreseptor. Kalau orang biasa hanya memiliki tiga fotoreseptor. Tak heran kalah burung bisa melihat lebih banyak warna dibandingkan manusia.

Lalat

Kenapa lalat susah ditabok? Karena ia memiliki ratusan, atau bahkan ribuan lensa mata berukuran kecil. Ia bisa melihat sekeliling dengan jelas dan mampu bereaksi cepat untuk menghindari serangan berbahaya. Sama seperti burung, lalat juga punya kemampuan melihat cahaya UV.

Ikan

Mengapa sebuah lensa disebut sebagai fish eye? Karena seperti itulah penglihatan seekor ikan, yaitu cembung. Mata tersebut hanya bisa melihat warna merah, hijau dan biru. Meski begitu, mata ikan bisa melihat cahaya ultraviolet.

Berbeda dengan mata hewan-hewan, mata manusia memiliki kemampuan merekam jutaan warna. Meski ada plus dan minusnya, setidaknya Sahabat Braito harus bersyukur memiliki indera penglihatan yang benar-benar bisa menikmati indahnya dunia.

Makanya, rawat selalu kesehatannya. Jangan biarkan sakit mata, seperti mata merah, mata perih, atau mata berair menjadi awal dari bencana, hilangnya penglihatan. Kalau ada gangguan iritasi mata akibat gangguan debu, polusi asap, atau mata lelah, tuntaskan dengan Braito Original.

Setiap tetes Braito Original memiliki formula Tetrahydrozoline Hydrochloride yang berfungsi meredakan dan mengatasi gangguan iritasi mata. Pakai 1-2 tetes Braito Original pada mata yang terasa sakit atau mengalami iritasi. Gunakan dengan dosis 2-3 kali sehari, agar Braito Original bekerja efektif melawan sakit mata. Namun, bila sakit mata terus berlanjut, segera hubungi dokter mata terdekat untuk mendapatkan perawatan lebih tepat.

Jadi, jangan mau kalah dengan hewan-hewan. Rawatlah mata supaya selalu sehat agar tetap bisa menikmati indahnya dunia.

Ini yang Membedakan Mata Manusia dan Hewan | Admin | 4.5