Ini Yang Akan Terjadi Saat Kornea Mata Mengering

By On Selasa, Mei 1st, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Bagi manusia, mata adalah pemegang peranan penting dalam kehidupan. Dengan indera penglihatan, peradaban telah dibawa ke puncak tertinggi. Gedung pencakar langit, internet, smartphone, dan lain sebagainya adalah sebagian kecil dari apa yang telah diberikan oleh mata.Ini Yang Akan Terjadi Saat Kornea Mata Mengering - Ini Yang Akan Terjadi Saat Kornea Mata Mengering

Dikarenakan mata punya peran yang sangat penting dalam kehidupan, maka Sahabat Braito harus menjaga kesehatan mata dengan baik. Namun, ada kalanya mata mengalami gangguan kesehatan. Salah satunya adalah xeroftalmia, sebuah gangguan yang menyerang kornea mata hingga mengalami kekeringan. Penyakit ini erat hubungannya dengan rabun senja, di mana seseorang mengalami kesulitan saat melihat pemandangan yang minim cahaya.

Berdasarkan penjelasan dari dr. Rachmi Untoro, MPH, pakar gizi Indonesia, mengeringnya kornea mata ini diakibatkan oleh kurangnya nutrisi, terutama vitamin A pada tubuh. Hal ini biasa terjadi pada balita. Di sore hari, bila balita mengalami kesulitan berjalan dengan kaki yang terantuk-antuk, bisa jadi ini adalah pertanda bahwa ia mengalami xeroftalmia. Namun, tidak menutup kemungkinan xeroftalmia bisa terjadi pada orang dewasa.

Sebagai catatan, mata kering berbeda dengan kornea mata mengering. Mata kering belum tentu disebabkan oleh gejala xeroftalmia. Bisa saja ini terjadi karena mata terlalu lelah bekerja di depan komputer. Bila hal ini terjadi, penggunaan Braito Tears 1-2 tetes sebanyak 2-3 kali sehari pada kedua mata, akan membantu kembali melembapkan bola mata sehingga tidak sampai terasa kering.

Menurut dr. Rachmi, mata yang sehat itu bening. Tapi mata tersebut bisa disebut mengalami xeroftalmia bila bagian putih mata itu mengalami kekeringan, kusam dan tidak bersinar. Bila muncul bercak seperti busa sabun pada bagian putih mata, itu tandanya sudah makin parah.

Kemudian kalau selaput bening yang ada pada bagian hitam atau yang ada pada kornea sudah mulai kering dan kusam, itu berarti sudah terjadi kekeringan pada selaput korneanya. Lebih dalam lagi, selanjutnya sebagian hitam mata itu akan melunak seperti bubur dan pada akhirnya bagian kornea itu seluruh bagian hitam melunak dan bola matanya mengecil atau mengempis.

Duh, seram sekali, ya, Sahabat Braito. Hati yang kering mungkin bisa diobati dengan mencari pasangan. Namun, bagaimana kalau mata yang mengering?

Beberapa hal yang disebut sebagai faktor tertinggi penyebab xeroftalmia di Indonesia adalah kurangnya konsumsi buah-buahan atau sayuran yang mengandung vitamin A. Bila hal ini terjadi terus menerus, mata pun bakal menjadi korbannya dengan mengalami kornea kering. Selain itu, bayi yang tidak mendapatkan ASI Eksklusif memiliki kemungkinan lebih besar terkena gangguan tersebut.

Ada pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati. Untuk kasus kornea mata mengering, sudah saatnya untuk mengobah menu-menu makanan yang lebih sehat, terutama yang kaya akan vitamin A. Pada balita bisa diberikan kapsul vitamin A dosis tinggi yang bisa didapatkan di Puskesmas atau Posyandu terdekat.

Sementara untuk yang sudah dewasa, mulailah gemar memakan sayuran yang mengandung vitamin A karena sakit mata tidak hanya sekadar mata kering. Jangan sampai gangguan xeroftalmia merenggut masa depan hanya karena tidak suka dengan wortel, tomat, dan berbagai sayuran maupun buah lainnya.

Sayangilah mata karena mata adalah jendela kehidupan.

Ini Yang Akan Terjadi Saat Kornea Mata Mengering | Admin | 4.5