Hindari Iritasi Mata, Atasi Secara Aman Saat Berpuasa

By On Senin, April 30th, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Lagi fokus-fokusnya berjalan tiba-tiba ada angin penuh debu menerjang mata, kelilipan pun akhirnya tak bisa dihindarkan. Mau marah-marah kepada angin nanti disangka gila, mau mengumpat justru bisa mengurangi pahala berpuasa.

Namun, tak perlu berlama-lama merasa serba salah, karena Sahabat Braito bisa segera mengatasinya dengan Braito Original. Obat tetes mata ini dapat mengatasi mata merah akibat iritasi ringan yang salah satunya disebabkan oleh debu.

Nah, selain dengan obat tetes mata, Sahabat Braito bisa menghindari iritasi mata yang aman selama berpuasa. Tentunya dengan beberapa trik ciamik berikut ini.

Kenakan Kacamata Hitam

Sunglasses atau kacamata hitam bukan saja digunakan untuk gaya-gayaan, tetapi juga diperlukan untuk melindungi mata dari terpaan langsung debu, asap kendaraan dan material lain yang mudah terbawa angin. Usahakan selalu mengenakan kacamata hitam saat pergi ke mana-mana selama Ramadan.

Kurangi Menonton TV

Banyaknya acara TV selama bulan Ramadan kadang jadi membuat malas beraktivitas ataupun pergi ke mana-mana. Akibatnya, mata pun melotot seharian di depan TV hingga tanpa sadar menyebabkan iritasi. Agar hal itu tak sampai terjadi pada Sahabat Braito, kurangilah menonton TV yang terlalu lama dan ganti melihat pemandangan hijau yang menyegarkan.

Jangan Keenakan dengan Sosial Media

Tidak menonton TV, tetapi seharian malah keukeuh depan layar gadget karena keasyikan bermain-main dengan sosial media. Sama saja bohong, kan? Sah-sah saja bermain sosial media selama berpuasa, namun juga harus tahu batasan. Terlebih untuk kesehatan mata. Sebab, paparan layar gadget dapat menyebabkan iritasi mata minor.

Minimalkan Kegiatan di Luar Ruang

Jika cuaca sedang berangin dan berdebu, dan tidak ada hal penting yang perlu dilakukan di luar ruang, sebaiknya beraktivitas di dalam ruang saja. Baik di kantor maupun di rumah. Langkah ini dapat meminimalkan risiko mengalami iritasi minor pada mata akibat cuaca yang tidak bersahabat selama berpuasa.

Sesuaikan Penerangan

Seorang praktisi optometris dari Family EyeCare Center di Campbell, Amerika Serikat, Larry K. Wan, OD, menjelaskan mudah tidaknya mata bekerja bergantung dari penerangan yang ada. Semakin kecil sumber cahaya, maka semakin berat mata bekerja. Apalagi saat berpuasa yang notabene tidak menerima asupan cairan yang sepanjang hari, sehingga mudah membuat mata mengalami iritasi hingga mata kering.

Semisal di siang hari, bukalah jendela agar ventilasi bekerja optimal. Sementara, jika di kantor memang minim ventilasi, usahakan selalu dapat penerangan dari lampu yang cukup, agar mata tidak bekerja terlalu berat.

Dengan mengaplikasikan tips-tips aman tersebut, kesehatan mata tetap bisa terjaga walau sedang berpuasa.

Hindari Iritasi Mata, Atasi Secara Aman Saat Berpuasa | Admin | 4.5