Hati-Hati, Polusi Bisa Sebabkan Mata Iritasi!

By On Selasa, Mei 1st, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Polusi sudah bukan menjadi permasalahan lingkungan yang baru di Indonesia. Bahkan, menurut hasil penelitian Bloomberg.com pada tahun 2015, menunjukkan Indonesia sebagai negara di urutan ke-8 yang paling memiliki masalah polusi udara paling mematikan di dunia. Walau menurut Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, belum ada data empiris yang menerangkan jumlah kematian di Indonesia akibat tingkat polusi yang akut, tetapi dari fakta tersebut setidaknya bisa dijadikan acuan bila polusi memang benar-benar terjadi di Indonesia.Hati Hati Polusi Bisa Sebabkan Mata Iritasi - Hati-Hati, Polusi Bisa Sebabkan Mata Iritasi!

Salah satu polusi udara yang sempat disorot dunia tahun lalu adalah kebakaran hutan yang terjadi di lahan gambut yang tersebar di Sumatera dan Kalimantan. Bahkan, kebakaran hutan dianggap menjadi salah satu contoh konkret keegoisan manusia dalam mengelola bumi. Tidak hanya membuat kabut asap dalam jumlah yang masif, polusi yang diakibatkan oleh pembakaran hutan tersebut juga mengakibatkan gangguan.

Menurut dr. Diah Faridah, spesialis mata di RS Islam Jakarta Sukapura, asap kebakaran mengandung banyak partikel dan senyawa yang bisa menyebabkan kestabilan air mata terganggu. Akibatnya masyarakat yang tinggal di wilayah kabut asap terancam oleh gejala mata kering.

Pada kenyataannya, polusi udara tidak hanya sebagai akibat dari pembakaran hutan saja. Untuk Sahabat Braito yang tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta, sakit mata akibat polusi mungkin dialami setiap hari. Hanya saja, karena sudah terbiasa, sakit mata tersebut cenderung diabaikan. Sebagai catatan, sekecil apa pun polusi udara memiliki kandungan kimia yang berbahaya bagi mata.

Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam polusi udara adalah:

  • Karbon Monoksida, dihasilkan oleh emisi kendaraan bermotor, penyejuk udara, serta mesin pemanas
  • Nitrogen Dioksida, adalah bahan emisi dari kendaraan bermotor dan pabrik-pabrik. Dapat menyebabkan reaksi alergi dan juga hujan asam.
  • Partikel-partikel kecil hasil pembakaran yang tersebar di atmosfir dan mampu menyebabkan reaksi alergi bila menempel pada orang.
  • Sulfur Dioksida, merupakah limbah buangan pabrik dengan bau yang sangat tidak sedap. Bila mengenai kulit akan menyebabkan iritasi. Sementara kalau sampai mengenai mata akan menyebabkan gangguan penglihatan dan pandangan berkabut.
  • Bahan-bahan polutan lainnya, seperti asbestos, arsenic, benzene dan lain-lain. Polutan-polutan ini naik ke atas dan merusak lapisan ozon, yang kemudian membuat manusia mengalami iritasi kronik pada mata dan kulit, bahkan dapat menyebabkan kanker.

Begitu berbahayanya polusi terhadap manusia, terutama untuk sistem mata. Polusi udara ini kemudian akan mulai menyerang mata dengan menimbulkan gejala-gejala, seperti mata merah, sensasi rasa terbakar, mata berair, gatal, terasa kering, kesulitan melihat karena mata terlalu banyak mengeluarkan air, sampai reaksi alergi yang parah, yaitu pembengkakan kelopak mata, masalah penglihatan dan resiko infeksi seperti konjungtivitis.

Jadi jangan sampai cuek ketika mata terganggu akibat polusi. Dikhawatirkan, di balik rasa perih yang tidak seberapa, bisa terjadi komplikasi yang dapat merenggut indera penglihatan.

Bila terjadi iritasi mata akibat polusi, langkah pertama adalah tidak menggosok atau menguceknya dengan tangan. Hal ini adalah upaya pencegahan pertama untuk meminimalkan berpindahnya virus/bakteri/kuman dari tangan ke mata.

Untuk pengobatannya, gunakan obat tetes mata Braito Original yang diformulasikan secara khusus untuk meredakan iritasi atau alergi pada mata dengan cepat dan tuntas. Cukup 1-2 tetes dengan dosis 2-3 kali sehari pada mata yang terdampak polusi. Namun bila gangguan terus dirasakan selama 2-3 hari, segera periksakan ke dokter mata untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik.

Upaya pencegahan lainnya adalah dengan mengenakan kacamata hitam saat beraktivitas di luar ruangan. Diharapkan dengan perlindungan berlapis ini, mata terjauhkan dari polutan-polutan berbahaya yang bertebaran di berbagai tempat.

Oleh karena polusi tak bisa dihindari, perlakukan mata dengan baik dan benar. Gunakan perlengkapan pelindung, serta tidak lupa selalu membawa Braito Original ke mana pun Sahabat Braito berada. Jadi, jangan abai saat mata terganggu akibar polusi, ya.

Hati-Hati, Polusi Bisa Sebabkan Mata Iritasi! | Admin | 4.5