Fakta Kesehatan di Balik Munculnya Kedutan

By On Selasa, Mei 1st, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Kedutan, fenomena yang disukai sekaligus dibenci oleh penderitanya. Maklum saja, ketika kedutan terjadi dan setelah membaca primbon ternyata memberikan dampak baik, senyum pun mengembang. Tapi saat kenyataan tak seindah kedutan, atau diramalkan berdampak negatif, langsung ingin dilupakan. Namanya juga manusia.

Terlepas dari baik atau buruknya bagi kehidupan manusia, sebenarnya ada fakta kesehatan di balik munculnya kedutan. Apa saja?

Kelopak mata berkedip-kedip atau bergerak sendiri atau yang biasa disebut kedutan pasti pernah dialami setiap orang. Kedutan biasanya terjadi selama beberapa detik dan biasanya hanya terjadi sekali atau dua kali dalam sehari. Di masyarakat luas tersebar mitos seputar kedutan ini, jika kedutan terjadi di mata sebelah kiri pertanda kita akan menangis, jika kedutan terjadi di mata sebelah kanan pertanda ada orang yang merindukan kita atau akan ketiban rejeki. Entah sejak kapan mitos ini berkembang dan bagaimana sejarahnya, bukan itu pembahasan utamanya, yang akan kita bahas kali ini adalah fakta medis dibalik mitos kedutan pada mata itu sendiri.

Kedutan terjadi karena adanya kontraksi otot tak terkontrol yang menyebabkan mata seperti bergetar-getar. Menurut Riani Susanto, ND, CT., pakar naturopati, kedutan mata bisa disebabkan oleh faktor keturunan, trauma fisik, atau infeksi. Secara umum, kedutan bukanlah hal yang serius pada kesehatna mata. Tapi bila terjadi berulang-ulang dan sering, bisa dicurigai bahwa itu adalah pertanda dari gangguan saraf.

Berikut adalah beberapa faktor yang bisa menyebabkan kedutan pada mata.

Stress

Kedutan pada mata bisa menjadi pertanda bahwa seseorang terlalu sibuk atau tegang dalam menghadapi sebuah pekerjaan. Memaksakan mata untuk terus-menerus fokus pada satu titik, seperti melihat layar komputer juga bisa memicu stres pada penglihatan.

Kelelahan

Pernah merasa tiba-tiba kedutan saat sedang asyik bekerja di malam hari? Itu bukan pertanda akan terjadi sesuatu, tapi mata yang sudah lelah menghadap ke layar komputer. Solusi terbaik adalah segera mematikan layar dan beristirahat. Berikan ketenangan supaya mata kembali segar dan berada pada performa terbaiknya.

Jangan lupa gunakan obat tetes mata. Sahabat Braito dapat menggunakan Braito Tears. Obat tetes mata ini dapat berfungsi sebagai air mata buatan yang dapat membantu mengembalikan kesegaran mata. Gunakan 1-2 tetes pada bagian mata kiri maupun kanan, agar mata tidak terasa kering.

Itulah penjelasan mengenai kedutan, yang tidak selalu berhubungan dengan fenomena alam. Jadi, jangan sedih berkepanjangan bila menurut primbon kedutan Sahabat Braito akan putus cinta karena ada fakta medis yang bisa mendukungnya. Namun bila kondisi kedutan terus berlanjut, segera hubungi ahli mata terdekat.

Fakta Kesehatan di Balik Munculnya Kedutan | Admin | 4.5