Duh Kelilipan, Jangan Langsung Dikucek, ya!

By On Jumat, April 27th, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Melihat gebetan yang melintas di depan mata memang bukan masalah. Tapi hal itu akan menjadi problem besar bagi Sahabat Braito bila lupa berkedip dan tiba-tiba ada butiran debu yang ‘bertamu’ ke bola mata. Dalam sekejap, hidup seperti berada di dunia yang kelam dan penuh derita, seperti tidak punya daya untuk membuka mata, bahkan berkedip sekali pun tidak bisa.

Kelilipan Jangan Langsung Dikucek - Duh Kelilipan, Jangan Langsung Dikucek, ya!

Itulah tanda dari kelilipan. Debu dan kotoran bisa terbang kapan saja ketika angin berhembus. Kejadikan kelilipan tersebut bukanlah barang langka di dunia ini dan biasanya diikuti dengan aktivitas mengucek mata berkali-kali dengan harapan rasa tidak nyaman dan butiran tersebut menghilang dari mata. Padahal hal tersebut bukannya memberikan efek menyembuhkan, tapi bisa membuat iritasi mata makin parah.

Berdasarkan kutipan yang diambil dari situs resmi University of Rochester Medical Center, mengucek mata terlalu keras dapat menarik debu ke kornea. Dampaknya pun tidak hanya sebatas iritasi mata saja. Mata dengan debu yang ada di dalamnya bisa menggores kornea dan berakibat fatal bagi indera penglihatan.

Jangan biarkan kelilipan berkembang menjadi masalah serius bagi indera penglihatan. Lakukan langkah-langkah tepat untuk mengatasi sekaligus mengeluarkan butiran debu yang mengganggu, Sahabat Braito.

Berkedip

Lakukan kedipan cepat sebagai pertolongan pertama pada kelilipan. Kedipan mata akan mendorong mata yang kemasukan partikel tersebut untuk memproduksi air mata yang secara alami bisa ‘mengusir’ butiran debu dari dalam kelopak mata.

Bersihkan Mata dengan Kain atau Tisu Bersih

Jika debu masih membandel dan tidak mau keluar dari balik kelopak mata, coba bersihkan dengan menggunakan kain atau tisu bersih. Hal ini dilakukan bila gangguan tersebut datang dari kotoran mata yang sudah mengering. Untuk membersihkannya, pakailah kain atau tisu yang sebelumnya telah dibasahi dengan air.

Menggunakan Obat Tetes Mata

Menurut dr. M. Nurdin Zuhri, SpM dari Rumah Sakit Universitas Airlangga, benda asing yang masuk ke mata sebaiknya disingkirkan dengan cara melakukan irigasi, atau mengguyurnya menggunakan air steril. Air steril yang dimaksud adalah obat tetes mata yang bekerja secara cepat membasahi sekaligus membawa keluar butiran debu yang mengganggu tersebut.

Untuk hasil terbaik dalam membantu meredakan iritasi mata karena gangguan debu dan kotoran, gunakanlah Braito Original. Dengan formula Tetrahydrozoline HCl, Braito Original mampu mengatasi mata merah karena iritasi mata minor yang disebabkan oleh debu. Tetes mata ini juga bekerja efektif meredakan mata merah akibat asap rokok, asap kendaraan, berenang, mengendarai sepeda motor, alergi, membaca, menonton televisi atau komputer.

Jadi, hindari mengucek mata ketika mata terinfeksi debu atau benda asing yang masuk ke balik kelopak mata. Jangan pertaruhkan indera penglihatan hanya karena ingin solusi yang cepat, namun belum tentu menjadi metode yang benar tersebut. Selalu bawa Braito Original ke mana saja. Terutama saat berkendara dengan motor supaya bisa langsung memberikan pertolongan pertama saat mata mengalami kelilipan.

Duh Kelilipan, Jangan Langsung Dikucek, ya! | Admin | 4.5