Dari Warna Mata, Masalah Kesehatan Bisa Dideteksi Lho

By On Rabu, Mei 2nd, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Mata adalah jendela dunia. Dari mata, seseorang bisa melihat kepribadian, kejujuran, bahkan masalah kesehatan pun terpampang nyata. Betul, Sahabat Braito, mata bisa bercerita banyak hal, termasuk ketika ada gangguan kesehatan pada organ lainnya. Biasanya para ahli kesehatan mendiagnosa permasalahan pasien-pasien mereka, yaitu dengan melihat warna mata.Dari Warna Mata Masalah Kesehatan Bisa Dideteksi Lho - Dari Warna Mata, Masalah Kesehatan Bisa Dideteksi Lho

Zaman semakin maju. Tidak ada salahnya terinspirasi oleh kemampuan para dokter untuk mengetahui gangguan-gangguan kesehatan lewat mata. Berikut adalah cara mendeteksi gejala penyakit dengan melihat warna mata.

Mata Hitam dan Katarak

Berdasarkan penelitian yang dilakukan American Journal of Ophthamology, orang dengan mata gelap punya risiko 1,5 sampai 2,5 kali lebih besar terkena katarak di kemudian hari. Mungkin karena orang-orang bermata gelap itu identik dengan daerah katulistiwa, di mana sinar matahari dan cahaya ultraviolet ‘merajalela.’ Tak ada salahnya membiasakan diri mengenakan kacamata hitam ketika beraktivitas di luar ruangan saat matahari sedang berada di atas kepala.

Mata Kekuningan dan Penyakit Hati

Sudah menjadi rahasia umum bahwa mata orang yang bagian putihnya berubah jadi kekuningan terindikasi memiliki masalah liver, hepatitis atau penyakit hati. Tapi berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Berkeley Wellness, perubahan warna pada sklera tersebut bisa juga disebabkan oleh faktor usia, atau karena konsumsi makanan dengan mineral tinggi.

Mata Merah dan Iritasi Mata

Kalau tanda ini sangat umum terjadi, yaitu putih mata, atau sklera yang berubah warna menjadi kemerahan. Salah satu penyebabnya karena iritasi mata akibat debu, asap kendaraan di jalan, alergi, atau terlalu lama di depan layar komputer.

Sangat mudah untuk mengatasinya, yaitu dengan Braito Original Sekali Tetes. Tersedia dalam kemasan 0,5 ml, Braito Original Sekali Tetes praktis dan mudah dibawa, serta digunakan di mana saja. Selain itu, kandungan Tetrahydrozoline Hydrochloride 0,05%  akan mengembalikan kondisi mata seperti sedia kala. Namun bila sakit berlarut, segera kunjungi dokter mata terdekat untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Mata Kecokelatan dan Vitiligo

Vitilito adalah penyakit yang menimbulkan bercak pada kulit. Sebuah penelitian di tahun 2012 dengan 3.000 responden menyebutkan bahwa ada hubungan antara mata cokelat dengan vitiligo. Hal ini berdasarkan fakta bahwa 43 persen penderita vitiligo memiliki warna mata cokelat.

Mata Biru dan Melanoma

Orang bermata biru pun juga tak luput dari incaran penyakit, yaitu melanoma. Mereka jauh lebih rentan terkena kanker kulit yang sangat jarang terjadi pada manusia. Munculnya melanoma biasanya ditandai dengan adanya tahi lalat baru, atau terjadi perubahan pada warna tahi lalat.

Mata Berwarna Cerah dan Proses Persalinan

Sebuah studi menarik dari American Pain Society di tahun 2014 menunjukkan bahwa wanita dengan warna mata ringan lebih tangguh dalam mentolerir rasa sakit saat bersalin, ketimbang wanita dengan warna mata gelap. Menariknya, penelitian ini dilakuan dengan wawancara, langsung pada wanita yang baru melahirkan.

Mata Berwarna Cerah dan Degenerasi Makula

Dibandingkan warna mata gelap, warna mata ringan punya kans lebih tinggi mengalami degenerasi makula pada usia di atas 50 tahun. Sahabat Braito pasti tahu degenerasi makula, yaitu mulai menurunnya kualitas penglihatan akibat faktor umur.

Demikian penjelasan mengenai hubungan antara warna mata dengan kesehatan tubuh. Jadi Sahabat Braito bisa melakukan deteksi sejak dini, hanya dengan melihat mata sendiri. Selain itu, selalu jaga kesehatan, makan dan minum yang bergizi agar kesehatan tubuh dan mata tetap terjaga dengan baik.

Dari Warna Mata, Masalah Kesehatan Bisa Dideteksi Lho | Admin | 4.5