Dampak Kurang Tidur Bagi Kesehatan Mata

By On Selasa, Mei 1st, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – “Tidur cukup, badan sehat.”

Sebuah pernyataan yang tidak berlebihan, Sahabat Braito. Sejak dahulu sudah diamini bahwa orang dengan istirahat yang cukup cenderung lebih sehat dan awet muda ketimbang mereka yang setiap hari pasang mata dari malam hingga fajar menanti. Bahkan Pak Haji Rhoma Irama menyuarakan pendapatnya lewat lagu “Begadang,” yang mengatakan bahwa begadang hanya bikin segala penyakit mudah datang dan menghinggapi.

“Sepakat, Pak Haji!”

 

Ya, kurang tidur adalah sesuatu yang harus dihindari. Tubuh ini telah beraktivitas penuh di pagi, siang, hingga sore hari. Bagaimana jadinya kalau terus dipaksa untuk bekerja hingga jelang pagi lagi? Badan pun akan protes dengan merasa pegal-pegal. Indera penglihatan pun juga bakal mengeluh. Ayo bahas tentang dampak kurang tidur, terutama bagi kesehatan mata.

Mata Kurang Fokus

Mata adalah salah satu bagian tubuh yang juga butuh istirahat cukup supaya bisa bekerja secara maksimal. Mata kelelahan akan berakibat kurangnya fokus penglihatan. Hal ini akan sangat berbahaya untuk yang setiap hari bersentuhan dengan jalanan. Coba bayangkan, bagaimana bila mengemudikan motor atau mobil dengan mata yang tidak fokus? Tidak hanya membahayakan diri sendiri, tapi juga orang lain.

Kantung Mata

Untuk kaum wanita sebaiknya hindari kurang tidur karena berdampak pada kesehatan kulit dan kecantikan wajah.

“Bila Anda tidak tidur, tubuh Anda kehilangan kelembaban sehingga kulit menjadi dehidrasi. Hal ini bisa menyebabkan lingkaran di bawah mata Anda,” ungkap Joel Schlessinger, MD, dokter kulit dan ahli bedah kosmetik di Omaha, Nebraska.

Jadi, biarkan kaum pria punya kantung mata karena terlalu sering begadang nonton bola. Untuk para wanita, yuk jaga kesehatan mata dengan tidur yang cukup.

Mata Lelah

Yang ketiga, begadang juga bisa menyebabkan mata lelah. Ya, tidak cuma badan yang bisa lelah. Indera penglihatan pun juga bisa merasa capek. Kalau sudah begitu, mata akan terasa kering dan tidak nyaman, serta menimbulkan kemerahan. Kalau mata lelah terjadi di tengah-tengah kesibukan, segera selamatkan hari dengan 1-2 tetes Braito Tears pada mata yang lelah. Braito Tears dapat berfungsi sebagai air mata buatan yang dapat menyegarkan kembali mata yang lelah karena kurang istirahat.

Jangan lupa, setelah mata merah akibat kurang tidur sudah teratasi, usahakan untuk memiliki istirahat yang cukup karena begadang tidak hanya mengganggu kesehatan mata, tapi juga menimbulkan dampak negatif pada tubuh. Miliki tidur yang cukup supaya badan bugar, mata segar, dan siap untuk melakukan aktivitas sepanjang hari.

Dampak Kurang Tidur Bagi Kesehatan Mata | Admin | 4.5