Coba di Rumah, Tips Sulap Mata Sayu Tampak Segar

By On Selasa, Mei 1st, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Manusia yang hidup di zaman serba modern dituntut untuk tak boleh kenal lelah. Kalau perlu, waktu di dunia ditambah satu jam, menjadi 25 jam dalam sehari supaya ada waktu satu jam untuk melepas lelah. Pekerjaan di kantor yang belum selesai pun terpaksa diboyong ke rumah, dikerjakan hingga pagi menjelang. Terpaksa sering-sering begadang ditemani minuman hangat dan cemilan.

Tanpa disadari, waktu terus berlalu dengan jam tidur yang sangat minim. Kepanikan pun terjadi ketika mata terlihat sayu dan lelah. Menurut Dr. Sidik Setiamihardja, SpB., SpBP., dokter spesialis bedah plastik di RS Khusus Bedah Bina Estetika, Menteng, Jakarta, tak hanya penampilan saja yang terancam, mata sayu juga bisa merusak kesehatan mata.

“Adanya lipatan berlebih pada kelopak mata bagian atas dapat mengakibatkan terganggunya penglihatan seseorang. Selain itu, mata terlihat menjadi terlihat sayu sehingga mengganggu penampilan dan terlihat lebih tua,” jelas Dr. Sidik.

Kalau sudah begini, bagaimana cara mengembalikan mata sayu agar kembali segar seperti sedia kala? Jangan khawatir, Sahabat Braito. Banyak jalan menuju Roma. Banyak cara menghilangkan mata sendu kembali ceria.

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Cara mudah dan murah pertama menyulap mata sayu kembali segar adalah dengan rajin mengonsumsi air putih, minimal dua liter sehari. Dengan cairan tubuh yang berlimpah, kelembapan tubuh pun akan tetap terjaga dengan baik, termasuk daerah di sekitar mata. Kalau kulitnya segar, dijamin mata sayu akan menghilang dengan sendirinya.

Kompres Mata Pakai Kantung Teh

Kalau terbiasa bikin minuman teh panas untuk menemani lembur di rumah, jangan buang kantung tehnya. Sebaliknya, gunakan ‘limbah’ tersebut untuk mengembalikan kekencangan kulit di sekitar mata. Kandungan kafein yang masih tersisa di kantung teh akan membantu mengurangi bengkak pada mata, sekaligus mengembalikan kesegaran penglihatan. Cukup kompres lima menit untuk menghilangkan mata sayu gara-gara kurang tidur.

Kedip-Kedipkan Mata

Mata sayu dan terlihat lelah bisa jadi karena kurangnya cairan pelembap pada mata yang diproduksi oleh kelenjar air mata. Bila dibiarkan, hal ini bisa menyebabkan gangguan mata kering, yang disertai dengan iritasi mata berupa mata perih dan mata merah. Berkedip secara perlahan setiap menit akan merangsang mata untuk memroduksi cairan pelembap yang dibutuhkan untuk mencegah terjadinya gangguan kesehatan mata.

Gunakan Tetes Mata

Namun bila mata terlanjur terasa kering dan menimbulkan rasa tidak nyaman, tetes mata Braito Tears akan membantu meringankan gejala tersebut dengan cepat dan mudah. Cukup 1-2 tetes Braito Tears sebanyak 2-3 kali sehari pada kedua mata untuk membasahi organ mata, sekaligus mengembalikan kelembapannya. Hasilnya, mata pun kembali segar dan siap untuk diajak begadang dan menyelesaikan tugas-tugas kantor. Meski begitu, jika sakit mata berlanjut, segera pergi ke dokter mata untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Sendok Dingin

Jangan lupa untuk menyimpan sendok di dalam lemari pendingin. Gunakan sebagai kompres mata dengan menempelkannya selama kurang lebih 5 menit. Resapi kesegaran dan sensasi dinginnya, yang akan membuat otot-otot di sekitar mata jadi lebih relaks, sekaligus menghilangkan sayu.

Selain itu, jangan lupa untuk menyisihkan waktu beristirahat, Sahabat Braito. Kalau kurang istirahat, tidak hanya mata dan kulit di sekitarnya saja yang terganggu kesehatannya, tapi juga seluruh tubuh. Sistem metabolisme bisa kacau, badan jadi tidak enak gerak yang bisa meningkatkan risiko stres. Selalu jaga kesehatan karena bekerja pun juga butuh stamina yang prima.

Coba di Rumah, Tips Sulap Mata Sayu Tampak Segar | Admin | 4.5