Cegah Mata Lelah Akibat Lama Berkendara Selama Liburan

By On Selasa, Mei 1st, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Bagi masyarakat perkotaan yang disibukkan dengan aktivitas kantor yang padat, libur panjang, bakal dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk menyegarkan kembali otak sebelum kembali ke dunia pekerjaan. Tapi liburan tak selamanya seindah kenyataan.Cegah Mata Lelah Akibat Lama Berkendara - Cegah Mata Lelah Akibat Lama Berkendara Selama Liburan

Buat para penumpang, liburan mungkin bisa dinikmati dengan hati yang senang. Beda lagi dengan sang juru mudi. Selain bertanggung jawab atas keselamatan para penumpang, mereka juga dihadapkan dengan problem mata lelah akibat lama berkendara.

Berikut adalah beberapa solusi untuk mencegah mata lelah akibat berkendara.

Istirahat di Rest Area

Tidak ada pilihan paling bijak selain beristirahat ketika mata terasa lelah. Menurut Seyogyanya, pakar kebugaran dr. Fleming Deff, Ohio University, Amerika, dengan beristirahat otot-otot tubuh bisa mengendur kembali, termasuk otot dan syaraf mata. Selain itu, dapatkan kembali tenaga yang sempat hilang setelah memejamkan mata di rest area.

Kacamata Hitam

Terik matahari juga menjadi sumber yang bisa menyebabkan mata kering dan lelah. Hal ini karena syaraf dan otot mata terus melakukan aktivitas untuk mengatur jumlah cahaya yang masuk ke dalam penglihatan.  Dengan kacamata hitam penglihatan akan lebih terbantu karena mengurangi cahaya yang masuk ke mata sehingga terasa lebih dingin dan nyaman.

Obat Tetes Mata

Obat tetes mata juga bisa menjadi solusi yang tepat ketika mata terasa kering dan tidak nyaman. Gunakan 1-2 tetes Braito Tears pada mata yang sudah lelah untuk mengatasi mata kering dan mengembalikan kelembapannya agar bisa diajak beraktivitas lebih lama.

Olahraga Ringan

Mata terasa tidak nyaman tapi di waktu yang sama tidak merasa kantuk? Hanya merasakan sedikit pegal-pegal. Lakukan olahraga ringan untuk mengatasi kelelahan tersebut dengan menggerakkan anggota badan dari atas ke bawah secara berurutan. Olahraga tidak hanya menyegarkan mata, tapi juga membuat aliran darah di tubuh menjadi lebih lancar.

Jangan Konsumsi Karbohidrat Berlebihan

Katanya, sebelum berkendara jarak jauh makan dulu yang banyak biar tenaga untuk mengemudi tetap terjaga. Padahal faktanya karbohidrat malah berpotensi memicu rasa kantuk akibat terbentuknya serotonin. Sebagai pengganti roti atau makanan karbohidrat, cemil saja coklat atau buah-buahan selama berkendara, yang akan membuat mata terasa lebih segar, tanpa takut mata lelah atau ngantuk.

Jangan sampai mata kering dan lelah bikin liburan jadi berantakan. Sempurnakan dengan memiliki mata sehat dan segar agar liburan kali ini bisa dinikmati dengan lebih indah dan ceria.

Cegah Mata Lelah Akibat Lama Berkendara Selama Liburan | Admin | 4.5