Catat! 5 Bahaya Tak Melepas Lensa Kontak Saat Tidur

By On Senin, April 30th, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Berkat kemajuan teknologi, manusia jaman sekarang bisa mengubah dirinya. Orang Indonesia bisa terlihat seperti Amerika atau Eropa dengan warna mata biru, hijau, atau hazel berkat adanya lensa kontak.

Bahaya Tak Melepas Lensa Kontak Saat Tidur - Catat! 5 Bahaya Tak Melepas Lensa Kontak Saat Tidur

Ya, dengan lensa kontak, orang lokal pun bisa tampak memesona dengan warna mata yang indah Bukan rahasia lagi kalau lensa kontak juga merupakan ajimat untuk melancarkan jodoh karena penampilan semakin menarik.

Akan tetapi di balik keindahan yang ditawarkan, lensa kontak ternyata berbahaya bagi manusia. Namun bahaya ini dengan catatan, yaitu ketika orang teledor, tidak melepasnya saat tidur. Entah dengan alasan capek atau malas.

Inilah bahaya tidak melepas lensa kontak saat tidur.

Mata Merah

Bila masih beruntung, gejala paling ringan gara-gara malas melepas lensa kontak saat tidur adalah mata merah. Hal ini terjadi karena ulkus kornea adalah organ mata yang sensitif. Bila dibiarkan bersentuhan terlalu lama dengan lensa kontak bisa mengakibatkan goresan pada permukaan mata.

Apabila mata merah akibat kelamaan atau tidur dengan memakai lensa kontak, berikan pertolongan pertama dengan Braito Original. Berikan 1-2 tetes, 2-3 kali sehari pada mata yang terasa sakit. Formula Tetrahydrozoline Hydrochloride 0,05%  akan membantu mengatasi mata merah karena iritasi mata ringan. Jangan lupa untuk melepaskan lensa tersebut sebelum meneteskan Braito. Namun, jika sakit mata terus berlanjut, segera pergi ke dokter mata untuk mendapatkan penanganan lebih tepat.

Mata Kekurangan Oksigen

Sama seperti organ tubuh lainnya, mata pun juga butuh oksigen. Lensa kontak hanya akan menghalangi aliran oksigen ke mata dan membuatnya tidak berfungsi dengan baik.

Iritasi Mata

Yang dimaksud iritasi di sini bukan hanya perubahan warna mata menjadi kemerahan. Dampak lensa kontak yang tertempel di mata semalaman adalah munculnya benjolan kecil di sekitar mata.

Peradangan dan Infeksi Mata

Tidur dengan lensa kontak terpasang bisa menyebabkan peradangan pada indera penglihatan. Kondisi ini dikenl sebagai neovaskularisasi pada kornea. Dalam situasi ini, pembuluh darah pada mata pecah dan masuk ke kornea.

Kebutaan

Sebuah kasus mengejutkan terjadi pada Chad Groeschen, seorang pria asal Cincinnati, AS. Mata kirinya mengalami kebutaan. Satu hari ia terbangun dengan perasaan seperti mengalami infeksi sinus. Keesokan harinya, mata kirinya mengalami sakit mata hebat dan tak bisa melihat lagi. Setelah berkunjung ke dokter, baru ia paham bahwa bakteri Pseudomonas telah merenggut penglihatannya. Diagnosanya adalah karena Groeschen tidak melepas lensa kontak saat sedang tidur.

Dr. Jennifer Cope, ahli epidemiologi medis di lembaga penelitian, CDC, mengungkapkan bahwa lebih dari satu dari empat infeksi mata akibat lensa kontak dapat dicegah. Caranya sederhana saja, kok, yaitu dengan melepas lensa kontak saat tidur, atau menghindari pemakaian yang terlalu lama dari yang direkomendasikan.

Dari keengganan bisa menjadi sebuah petaka. Ketahui risikonya, jangan abai melepas dan merawat lensa kontak karena mata adalah harta yang berharga bagi manusia. Jauh lebih berharga ketimbang lensa kontak. Kalau lensa kontak rusak bisa beli lagi. Tapi kalau mata yang kehilangan penglihatannya, ke mana lagi harus mencari?

Catat! 5 Bahaya Tak Melepas Lensa Kontak Saat Tidur | Admin | 4.5