Cara Mengobati Iritasi Mata Saat Bersepeda

By On Selasa, Mei 1st, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Punya hobi bersepeda? Mengayuh pedal dengan kedua kaki sambil menikmati pemandangan alam memang sangat menyenangkan. Apalagi bila dilakukan secara berkelompok bersama teman-teman. Rasa capek seakan tak pernah datang, berganti dengan keceriaan dan kegembiraan selama perjalanan.

Tapi tidak bisa dipungkiri bahwa kegiatan olahraga ini juga mengundang risiko tersendiri, terutama iritasi organ penglihatan karena masuknya debu ke dalam kelopak mata. Hal ini sering terjadi ketika memasuki medan berpasir. Butiran debu dari para rombongan yang berada di depan akan menjadi ancaman utama bagi mata Sahabat Braito. Kalau tidak pakai kacamata bersepeda, besar kemungkinan bakal terjadi iritasi mata karena terpapar debu, yang kemudian diikuti dengan mata gatal.

Menurut dr. Florence M. Manurung, Sp.M., mata gatal atau konjungtivitis alergi biasanya terjadi ketika pasien memiliki daya tahan tubuh yang rendah dan terpapar oleh suatu alergen seperti debu, udara dingin, dan lain-lain. Tubuh pun kemudian menghasilkan zat yang menyebabkan mata gatal, yaitu histamin. Inilah yang membuat pesepeda gemas ingin menguceknya ketika mengalami iritasi pada organ mata.

Boleh-boleh saja iritasi mata, tapi jangan sampai mengganggu aktivitas olahraga yang menyenangkan ini. Supaya tetap bisa lanjut mengayuh sampai finish, berikut adalah cara mengobati iritasi mata saat sedang bersepeda.

  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah jangan gosok mata yang terinfeksi debu. Berdasarkan penelitian dari University of Rochester Medical Center, kucekan yang terlalu keras pada mata dapat menarik debu ke kornea dan menggoresnya. Segera bersihkan tangan terlebih dahulu sebelum menangani indera penglihatan.
  2. Bagi pecinta olahraga sepeda, selalu ingat untuk membawa Braito Original Sekali Tetes saat beraktivitas di mana saja. Di medan berdebu, saat berada di jalan aspal mulus, atau tanah berlumpur karena iritasi mata tak mengenal waktu dan tempat. Lagi pula, Braito Original Sekali Tetes sangat praktis, kok. Tidak menyusahkan kalau dibawa saat bersepeda. Gunakan satu bungkus Braito Original Sekali Tetes pada mata yang teriritasi. Cairan steril tetes mata ini akan membantu meredakan gangguan, sekaligus bekerja mengeluarkan kotoran tersebut dari kelopak mata. Bawa lebih banyak Braito Original Sekali Tetes saat beraktivitas untuk dibagikan dengan teman yang membutuhkan.
  3. Tapi bila kebetulan lupa membawa Braito Original Sekali Tetes carilah tempat yang memiliki pencahayaan terang. Mintalah teman untuk menarik kelopak mata sambil mengintip, siapa tahu serpihan debu yang masuk ke mata tersebut terlihat.
  4. Jangan tiup mata. Untuk langkah yang lebih praktis, siram mata dengan air bersih sehingga kotoran akan keluar dengan sendirinya.
  5. Bila iritasi mata membandel, coba keluarkan dengan tisu atau kain bersih. Lakukan secara perlahan dan hati-hati. Usahakan seminimal mungkin menyentuh permukaan bola mata.
  6. Namun bila ternyata benda kecil tersebut tak kunjung keluar dan disertai mata perih, bisa jadi serpihan tersebut tajam dan menancap pada bola mata. Jangan paksakan untuk menariknya keluar sendiri. Segera minta bantuan medis untuk mengeluarkan butiran debu tersebut. Mengeluarkannya sendiri dikhawatirkan malah bakal semakin melukai bagian-bagian mata lainnya.

Selalu utamakan kesehatan mata ketika bersepeda. Kenakan kacamata pelindung khusus dan jangan lupa untuk selalu membawa Braito Original Sekali Pakai, obat tetes mata para pecinta petualangan yang bisa digunakan kapan saja dan di mana saja.

Cara Mengobati Iritasi Mata Saat Bersepeda | Admin | 4.5