Cara Jitu Hindarkan Mata Menatap Ponsel Terlalu Lama

By On Rabu, Mei 2nd, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Dalam beberapa tahun terakhir, dunia berkembang sangat pesat. Hal ini karena teknologi dan informasi dari satu orang ke orang lain mampu disampaikan dalam hitungan detik saja. Manusia harus berterima kasih dengan smartphone, perangkat berbentuk persegi panjang yang membuat dunia jadi selebar daun kelor.

Namun dari berbagai penelitian diketahui bahwa semakin lama, manusia semakin kecanduan dengan perangkat miliknya. Bahkan untuk sebagian orang, kecanduan ini sudah sampai ke level yang tidak masuk akal. Bahkan ada yang rela rumah tangganya retak hanya karena tak mau dipisahkan dengan gadget. Padahal smartphone sendiri bisa menimbulkan dampak negatif pada kesehatan manusia.

Ya, menurut dr. Ikhsan Revino, Sp. M., spesialis mata Klinik Mata SMEC, mata yang terlalu lama dan sering digunakan untuk menatap layar ponsel akan cepat lelah akibat terpapar cahaya secara berlebihan. Dampaknya adalah asthenophia atau mata lelah. Bila masih membandel, akibatnya bisa lebih parah lagi, yaitu mata menjadi silindris atau astigmatisma.

Sementara bila mata terasa kurang nyaman karena terlalu lama terpapar sinar biru dari ponsel, segera pakai 1-2 tetes Braito Original, 2-3 kali sehari. Obat tetes mata dengan Tetrahydrozoline Hydrochloride  0,05% ini membantu memulihkan iritasi mata akibat radiasi sinar biru dari layar gadget. Namun bila sakit mata terus berlanjut, segera periksakan ke dokter untuk penanganan lebih intensif.

Tak mau hidup Sahabat Braito diatur oleh ponsel, kan? Berikut adalah cara jitu hindarkan mata menatap ponsel terlalu lama.

Kumpulkan Ponsel Saat Berkumpul Bersama

Baik ketika acara berkumpul bersama keluarga ataupun teman, kumpulkan semua ponsel dan tumpuk di tempat yang terlihat oleh semua orang. Dengan begitu tak ada lagi alasan mengambil dan menengok layar perangkat karena diawasi oleh keluarga dan teman-teman.

Matikan Notifikasi

Notifikasi sangat mengganggu konsentrasi seseorang. Begitu terdengar dering notifikasi masuk di ponsel, tangan pun buru-buru menyambar perangkat dan membacanya. Kalau tak ingin tangan gatal untuk melihat ponsel sebaiknya matikan saja notifikasinya. Cara ini akan melatih Sahabat Braito untuk tidak terlalu sering memerhatikan ponsel.

Sibukkan dengan Kegiatan Lain

Ponsel atau smartphone adalah candu yang bikin manusia jadi malas beraktivitas. Inginnya duduk di sofa sambil main gadget sepuas mungkin. Sebenarnya mudah saja untuk menghadapi hal ini, yaitu memiliki kegiatan lain yang lebih menyenangkan. Seperti berkebun atau memelihara ikan hias.

Komitmen untuk Bebas Ponsel

Mulai atur waktu untuk membebaskan diri dari ponsel. Ingatkan diri bahwa menikmati sore dengan keluarga atau teman itu lebih penting ketimbang sendirian sambil lihat layar gadget. Misal, dengan mengaktifkan mode airplane begitu jam kantor selesai.

Istirahat Teknologi

Kalau selama ini kerap mendengar orang dituntut melek teknologi, mungkin ini saat yang tepat untuk istirahat teknologi. Profesor psikologi dari California State University, Dr. Larry D. Rosen mengungkap cara untuk beristirahat dari gadget.

Caranya adalah dengan melihat ponsel selama satu menit, baca dan ketahui apa saja yang ada di sana. Kemudian atur alarm untuk 15 menit, matikan ponsel. Jauhi ponsel, bila perlu simpan di dalam kotak yang tidak kelihatan. Setelah 15 menit, ulangi lagi langkah pertama, dan begitu seterusnya. Selama 15 menit tanpa ponsel, secara kontinyu, akan membuat Sahabat Braito terbiasa untuk tidak bergantung dengan ponsel.

Diharapkan, dengan langkah-langkah tersebut, Sahabat Braito bisa benar-benar menikmati hidup, tanpa harus berhadapan dengan ponsel. Jadi, selamat mencoba dan semoga berhasil mengatasi problem ketagihan gadget, ya.

Cara Jitu Hindarkan Mata Menatap Ponsel Terlalu Lama | Admin | 4.5