Cara Aman Mengupas Bawang Tanpa ‘Penderitaan’ Mata Berair

By On Selasa, Mei 1st, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Salah satu penderitaan hidup adalah ketika berada di dapur. Sahabat Braito akan menyetujuinya bila menghubungkan pernyataan ini dengan bawang. Di satu sisi, bawang adalah bahan yang bikin lezat masakan. Tapi di sisi lain bawang juga bisa menjadi sosok mantan yang kejam, yang membuat Sahabat Braito menguras air mata sebanyak-banyaknya.

Menurut Dr. Gerry Russell, profesor biokimia makanan dari University of California, ketika bawang dikupas, ada enzim dan senyawa sulfur dari bawang tersebut yang bereaksi dan menghasilkan gas bersifat mudah menguap. Gas tersebut kemudian bersatu dengan udara, menghasilkan senyawa asam sulfur. Ketika sampai ke mata, senyawa ini menimbulkan mata perih. Sementara itu, mata secara alami memperbanyak produksi air mata untuk meredakan iritasi. Nah, inilah penjelasan bagaimana orang sehebat John Cena atau Batman sekali pun akan mengalami mata berair bila mengiris bawang. Tak jarang, rasa perih tersebut juga diikuti dengan mata merah.

Tapi dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan, orang-orang pun makin pintar dalam menghadapi si bawang. Kini ada cara yang aman untuk mengupasnya tanpa harus mengalami penderitaan mata berair.

  1. Dinginkan bawang merah di dalam kulkas selama beberapa saat. Katanya, kalau bawang dingin itu jadi lemot, atau lambat bereaksi saat dikupas dengan pisau.
  2. Cara lain adalah merendam bawang di dalam air es terlebih dahulu. Sama seperti dimasukkan ke dalam kulkas, langkah ini adalah untuk mendinginkan bawang terlebih dahulu untuk memperlambat reaksi kimia.
  3. Gunakan pisau tajam. Pisau yang sudah tumpul malah membantu memperbanyak penguapan zat yang bikin nangis Bombay.
  4. Seperti Rambo yang sedang menahan sakit saat mengeluarkan peluru dari tubuhnya, gigitlah kayu. Tak perlu kayu ranting, cukup korek api. Cara ini dipercaya bisa mencegah air mata mengalir saat memotong bawang.
  5. Percaya, tidak percaya, mengunyah permen karet saat memotong bawang katanya bisa mengurangi dampak bawang kepada mata. Otot wajah yang bergerak saat mengunyah permen karet bisa menangkis senyawa yang bisa membuat mata menangis.
  6. Potonglah bawang di air yang mengalir. Aliran tersebut akan larut bersama zat-zat kimia yang dilepaskan bawang dan membawanya pergi menjauh dari Sahabat Braito.
  7. Cara efektif lainnya adalah memotong bagian-bagian tertentu terlebih dahulu. Coba potong bagian atasnya terlebih dahulu sebelum mulai mengupas kulit luar.
  8. Berikutnya adalah dengan menggunakan tenaga angin dari kipas angin. Setel kekuatan angin sekencang mungkin untuk membuang zat-zat tersebut menjauhi bawang. Tapi hati-hati, kalau memotong bawang sekilo bisa masuk angin, lho.

Meski begitu, efek mengiris bawang merah ini kadang masih saja tidak bisa dihindarkan. Efek menangis tiba-tiba pun soelah jadi hal yang sudah terbiasa ketika mengiris bawang merah saat masak di dapur. Maka dari itu, selalu sediakan Braito Original di rumah, sehingga bisa jadi pertolongan pertama saat mata mengalami iritasi akibat zat yang ditimbulkan bawang merah.

Selain itu, tetes mata memiliki formula Tetrahydrozoline Hydrochloride yang mampu meredakan iritasi mata ringan akibat reaksi kimia dari bawang. Tak hanya itu, Obat tetes mata juga melindungi mata dari iritasi ringan yang disebabkan oleh debu, asap, rokok, asap kendaraan, berenang, mengendarai sepeda motor, alergi, membaca, menonton televisi atau komputer, dan lensa kontak.

Cara Aman Mengupas Bawang Tanpa ‘Penderitaan’ Mata Berair | Admin | 4.5