Cara Aman Mengupas Bawang Merah Tanpa Menangis

By On Selasa, Mei 1st, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Tanggal tua itu seperti menyimpan irisan bawang merah di dalam dompet. Kalau dilihat bikin nangis.

Ungkapan humor tersebut sudah sering digunakan oleh orang-orang yang mulai kehabisan tabungan saat kalender sudah memasuki angka 20’an ke atas. Masa-masa kritis untuk siapa saja karena simpanan menipis setelah sebagian besar digunakan pada awal bulan. Lalu apa hubungannya dengan bawang merah?

Meskipun hanya sekadar ungkapan, ternyata bawang merah memang benar-benar “berkhasiat” membuat seseorang menangih. Bahkan orang sekuat Chuck Norris atau Sylvester Stallone pun bisa meneteskan air mata gara-gara bawang merah. Penyebabnya adalah  senyawa enzim dan sulfur (belerang) yang terkandung di dalam bawang merah.

Menurut Dr. Gerry Russell, profesor food biochemistry dari University of California, saat seseorang mengupas dan mengiris bawang merah, enzim dan senyawa sulfur bakal bereaksi dan menghasilkan gas bersifat mudah menguap. Gas kemudian bercampur dengan udara sekitar dan menghasilknya senyawa sulphuric acid, yang bila terkena mata akan menimpulkan sensasi perih dan membuat mata memroduksi air mata untuk meredakan iritasi.

Daripada merasakan perih yang bisa bikin Sahabat Braito kembali mengingat masa-masa diputus sama mantan, yuk, hindari dengan beberapa tips aman mengupas bawang merah tanpa tetesan air mata.

Dinginkan Bawang Merah

Bawang merah yang didinginkan di dalam lemari es selama beberapa saat tidak akan membuat mata pedih. Ini karena proses pendinginan memperlambat reaksi kimia yang dilepaskan saat bawang mulai dipotong.

Pakai Pisau Tajam

Pisau dengan bilah yang tajam akan membantu mengurangi peungapan zat bawang merah yang bikin mata perih. Bila menggunakan pisau tumpul, gesekan yang berlebihan akan memperbanyak gas yang keluar.

Gigit Korek Api

Cara lain yang lebih sederhana adalah dengan menggigit korek api. Tujuannya, ketika mata mulai terasa perih, gigitan pada korek api akan mencegah air mata supaya tidak mengalir.

Permen Karet

Permen Karet juga dipercaya bisa digunakan untuk mengurangi siksaan saat memotong bawang. Dengan mengunyah permen karet, otot wajah, terutama daerah mata akan bergerak aktif, menangkal zat-zat yang bikin mata terasa pedih.

Bantuan Air

Mengupas dan mengiris bawang di bawah air yang mengalir juga dipercaya bisa menghilangkan zat-zat pada bawang yang bisa bikin mata terasa perih.

Potong Bagian Atasnya

Menurut petunjuk The National Onion Association, air mata yang diproduksi oleh indera penglihatan akan berkurang bila Anda memotong bawang pada bagian teratas lebih dulu, kemudian baru mengupas kulit luarnya.

Biarkan Akar Bawang

Cara lain yang dianjurkan oleh The National Onion Association adalah dengan membiarkan bagian akar bawang tetap utuh , tak terpotong. Konon, ujung akar bawang memiliki kandungan terbesar dari senyawa belerang, yang menjadi salah satu unsur penyebab mata pedih.

Cuka

Semprotkan sedikit larutan cuka di atas permukaan talenan. Kabarnya, larutan cuka bakal menghentikan reaksi belerang yang dihasilkan oleh bawang.

Pakai Kipas Angin

Cara sederhana lainnya adalah dengan memasang kipas angin di dekat Anda, Sahabat Braito. Angin yang berhembus akan mengusir senyawa belerang yang menguap dari bawang, dan mengusirnya sebelum sampai ke dalam mata.

Bila bawang terlalu bandel dan tetap bikin Anda mengeluarkan air mata, segera berikan tetes mata Braito Original. Obat tetes mata terbaik yang akan meredakan iritasi mata, yang salah satunya bisa terjadi gara-gara irisan atau kupasan bawang. Gunakan 1-2 tetes pada bagian mata yang terasa pedih. Biarkan beberapa saat hingga mata terasa segar kembali sebelum mulai mengupas bawang lagi.

Memasaklah dengan bahagia, tanpa derai air mata, bersama Braito.

Cara Aman Mengupas Bawang Merah Tanpa Menangis | Admin | 4.5