Benarkah Eyeliner Bisa Bahayakan Mata?

By On Rabu, Mei 2nd, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Tampil cantik adalah hak bagi semua wanita yang ada di dunia ini. Tak pandang usia, jabatan, suku, budaya, dan lain-lainnya. Untuk mempermudah kaum Hawa dalam mendapatkan penampilan yang menarik, kini semakin banyak produsen kosmetik yang menyediakan berbagai jenis make-up.

Sahabat Braito pasti pernah dengar pepatah, “Dari mana datangnya cinta? Dari mata turun ke hati.” Benar dikatakan bahwa sebagian pria itu jatuh cinta ketika melihat mata wanita. Kalau lawan jenis memiliki mata yang indah dan ‘membunuh,’ tak butuh waktu lama bagi sang Cupid untuk melontarkan anak panah cinta ke hati sang pria agar jatuh cinta kepada wanita dengan mata indah tersebut.

Tak heran kalau saat ini, semakin banyak wanita menggunakan eyeliner. Alasannya? Biar tampil cantik dan bikin kaum pria melirik. Syukur-syukur yang melirik akhirnya jadi jodoh dan sampai ke pelaminan. Duh, senangnya.

Namun ternyata penggunaan eyeliner saat ber-makeup ini punya sisi negatif, lho. Berikut adalah bahaya eyeliner pada kesehatan organ mata.

Eyeliner Pensil Mudah Terinfeksi Kuman

Ada dua jenis eyeliner, pensil dan kuas. Wanita biasanya suka memakai yang bentuk pensil, namun ternyata jenis ini malah lebih mudah terkena bakteri, terlebih bila tutupnya sudah hilang. Salah satu solusinya adalah dengan lebih sering meraut ujung eyeliner agar lapisan yang terkena bakteri hilang.

Terjadi Alergi

Kalau sudah cocok dengan satu merek, sebaiknya setia untuk selamanya. Kadang beda eyeliner, beda pula bahan pembuatannya dan bisa menimbulkan alergi pada kulit mata. Bila terjadi alergi, segera basuh hingga bersih dan jangan lagi menggunakan eyeliner merek tersebut.

Partikel-Partikel Halus Bisa Berpindah ke Bola Mata

Dalam jurnal ‘Mata dan Lensa Kontak Sains dan Praktek Klinis’ rilisan peneliti dari Universitas Waterloo, Kanada, disebutkan bahwa partikel-partikel eyeliner bisa berpindah ke mata. Lewat penelitian, ditemukan bahwa dalam waktu lima menit setelah penggunaan eyeliner pada garis bulu mata, ada 15 sampai 30 persen partikel yang berpindah ke penglihatan. Padahal eyeliner memiliki kandungan lilin, minyak, silikon dan getah alam. Risikonya adalah timbulnya ketidaknyamanan pada mata, terutama untuk mata sensitif.

Itulah bahaya eyeliner pada mata, dengan catatan, bila digunakan secara serampangan. Boleh-boleh saja memakai eyeliner asal dengan penggunaan yang baik agar mata tetap terjaga kesehatannya.

Benarkah Eyeliner Bisa Bahayakan Mata? | Admin | 4.5