Benarkah Alergi Asap Rokok Bisa Ganggu Kesehatan Mata?

By On Selasa, Mei 1st, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Sahabat Braito pasti sudah sering mendengar bahwa merokok itu berbahaya untuk kesehatan. Di iklan televisi, selebaran, bahkan di bungkus rokok sendiri juga tertulis bahwa rokok itu memiliki dampak yang sangat buruk, mulai dari kanker paru-paru, sakit jantung, gangguan hati, bahkan bisa berujung pada kematian.

Gawatnya lagi, asap rokok ini ternyata juga sangat berbahaya untuk organ penglihatan, Sahabat Braito. Orang yang alergi dengan asap rokok bisa sangat terganggu saat asap bersentuhan dengan bola matanya dan menyebabkan gejala-gejala sakit mata.

Agar lebih paham mengenai bahaya asap rokok terhadap kesehatan mata, berikut adalah dampak-dampak yang timbul saat zat tersebut mampir ke indera penglihatan.

Mata Kering
Mata kering adalah gejala di mana indera penglihatan manusia kurang mampu memroduksi air mata secara normal. Padahal cairan tersebut diperlukan untuk menjaga agar kornea tetap dalam keadaan lembap dan sehat.

Untuk para perokok aktif atau pun pasif, asap rokok akan membuat gejala mata kering semakin parah. Bila sedang mengalami mata kering dan terkena asap ini, segera teteskan Braito Original, yang mengatasi gangguan mata karena iritasi ringan.

Teteskan Braito Original pada mata yang terinfeksi asap rokok untuk meredakan rasa perih dan membuatnya segar kembali.

Gangguan Kesehatan Mata pada Bayi
Untuk para ibu, hentikanlah kebiasaan merokok saat sedang dalam proses kehamilan. Hal tersebut sama saja menyebarkan racun untuk sang janin dan membahayakan kesehatannya. Beberapa risiko yang bisa terjadi pada si bayi adalah mata juling, saraf penglihatan yang tidak berkembang akibat racun nikotin. Selain itu, bayi juga bisa lahir prematur. Kasihan, kan, Sahabat Braito?

Katarak
Asap rokok ternyata juga bisa menyebabkan katarak, lho. Ini adalah penyakit yang menyerang bagian lensa. Orang yang mengidap katarak akan merasa penglihatannya semakin kabur karena adanya pengapuran pada indera penglihatan. Konon, rokok bisa meningkatkan risiko terkena katarak hingga dua kali lipat. Semakin sering merokok, semakin rentan pula Sahabat Braito terkena gangguan ini.

Degenerasi Makula
Sesuai dengan namanya, degenerasi makula adalah penyakit yang menyerang daerah makula. Organ yang berada di retina ini memiliki fungsi untuk penglihatan tengah dan detil. Kalau seseorang mengalami degenerasi makula, ia akan merasakan titik buta pada bagian tengah penglihatan. Rokok akan semakin meningkatkan risiko terkena penyakit degenerasi makula hingga tiga kali lipat. Parahnya, belum ada obat yang bisa menyembuhkan sakit mata ini. Bahaya sekali, bukan?

Uveitis
Asap rokok juga bisa menyebabkan uveitis, yaitu penyakit radang pada lapisan tengah mata. Mereka yang hobi mengepulkan asap rokok kabarnya lebih mudah terserang penyakit yang bisa mengakibatkan hilangnya penglihatan secara total atau kebutaan ini.

Begitu besar bahaya yang bisa diberikan oleh asap rokok terhadap kesehatan mata manusia. Bila ingin memiliki penglihatan yang sempurna, kurangi, bila perlu, hentikan, kebiasaan merokok. Dunia ini terlalu indah untuk dilewatkan dengan penglihatan yang kurang baik. Yuk, jaga kesehatan mata sendiri dan orang lain mulai hari ini juga.

Benarkah Alergi Asap Rokok Bisa Ganggu Kesehatan Mata? | Admin | 4.5