Belajar Gaya Hidup Vegan Untuk Mata Sehat

By On Jumat, April 27th, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Banyak yang bilang, menjalani hidup sebagai seorang vegetarian itu sangat berat. Apa lagi dengan banyaknya pilihan makanan-makanan lezat yang terbuat dari protein hewani, tantangan hidup vegetarian jadi lebih berat dijalani. Jika telah terbiasa makan ayam goreng atau steak dengan brown sauce, sulit bukan mengabaikan kelezatannya dan memilih makanan nabati sebagai pilihan?

Walau sulit dan masih sedikit orang yang menjalaninya, sebetulnya gaya hidup vegan ini memiliki banyak manfaat, terutama untuk kesehatan mata. Seperti apa, Sahabat Braito?

Protein Nabati

Seorang vegetarian akan menghindari produk hewani dan turunannya, karena itulah mereka menggantinya dengan protein yang diambil dari nabati, seperti kacang-kacangan. Selain enak untuk dikonsumsi, kacang-kacangan, terutama kacang polong merupakan sumber bioflavonoid dan seng, yang berguna untuk melindungi retina, serta menurunkan risiko untuk berkembangnya degenerasi makula dan katarak.

Sayur Mayur

Sayuran mutlak diperlukan bagi kaum vegan sebagai penunjang gizi yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Salah satu sayuran yang baik untuk mata adalah wortel karena mengandung vitamin A. Dengan kandungan karotenoid yang sangat dibutuhkan untuk indera penglihatan, wortel menjadi sebuah solusi cerdas untuk menjaga mata agar tetap sehat dan berfungsi maksimal.

Buah-Buahan

Selain kacang-kacangan dan sayuran, satu hal lain yang juga dibutuhkan oleh seorang vegetarian dalam menjaga asupan makannya adalah konsumsi buah-buahan. Sudah bukan rahasia lagi bahwa buah memiliki banyak kandungan vitamin. Terutama buah berwarna kuning, oranye, dan merah. Buah dengan pigmen alami ini terbukti ampuh menurunkan risiko beragam penyakit mata.

Vegetarian Baik untuk Kesehatan

Dr Wang Hui-Ming dari Formosa, Taiwan, yang telah menjadi vegan selama hampir 20 tahun, memiliki pedoman hidup, “Pola makan vegetarian baik bagi kesehatan.” Menurut Dr Wang, karsinogen yang ditemukan dalam daging adalah akar penyebab dari berbagai jenis penyakit, terutama kanker.

Itulah yang mengilhami banyak orang bahwa hidup menjadi vegan itu tidak hanya soal diet saja, tetapi juga untuk menjaga tubuh dan mata agar tetap sehat. Bisa disimpulkan bahwa pola hidup vegan akan membuat metabolisme tubuh menjadi lebih baik.

Ingin mencoba menjadi vegetarian mulai dari sekarang, Sahabat Braito? Jangan lupa untuk melandasi keinginan tersebut dengan niat yang kuat.

Belajar Gaya Hidup Vegan Untuk Mata Sehat | Admin | 4.5