Begini Tahapan Mata Bekerja

By On Jumat, April 27th, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Bagi manusia, mata adalah pelengkap yang menyempurnakan. Tidak bisa dibayangkan, bagaimana caranya menikmati dunia yang indah ini tanpa mata yang bekerja dengan baik. Lalu bagaimana caranya pemandangan dunia tersebut terekam ke dalam dua bola mata hingga menghasilkan tampilan sesuai dengan apa yang ada di depannya?

begini tahapan mata bekerja - Begini Tahapan Mata Bekerja

Sebelum melanjutkan ke penjelasan yang lebih jauh, ketahui dulu anatomi mata. Selain itu, sediakan pula tetes mata  supaya tidak terjadi mata kering saat membaca artikel ini.

Kornea

Pada bagian depan mata manusia terdapat kornea yang terdiri dari lima lapisan dengan struktur yang berbeda. Perannya memberikan perlindungan terhadap infeksi, serta menyembuhkan cedera dengan cepat dan tepat. Hal ini sangat penting karena kornea punya fungsi paling penting bagi mata, yaitu membiaskan cahaya yang masuk.

Pupil

Pupil adalah bagian tengah mata yang memiliki warna sesuai dengan ras manusia. Kalau orang Indonesia punya pupil mata cokelat kehitaman, sementara turis mancanegara biasanya memiliki pupil biru jernih. Bahkan ada yang berwarna hijau. Apa pun warnanya, pupil adalah organ yang fleksibel, bisa berubah-ubah ukuran. Tujuannya agar bisa menjaga banyaknya cahaya yang masuk melaluinya.

Lensa Mata

Letak lensa mata berada di belakang pupil dan berfungsi untuk membantu mendapatkan fokus pandangan untuk objek-objek dengan beragam jarak pandang.

Iris

Iris dilengkapi dengan otot-otot halus yang digunakan untuk menjaga kinerja pupil. Dari iris pula seseorang mendapatkan warna mata, sesuai dengan gen yang ia bawa.

Sclera

Sclera adalah lapisan mata terluar. Bila bertanya-tanya mengapa mata berwarna putih, maka itu adalah jaringan pelindung yang disebut sebagai sclera.

Vitreous

Ini adalah gel bening yang mengisi bagian dalam mata serta membuatnya menjadi bulat dan mengisi rongga mata dengan sempurna.

Retina

Retina berfungsi sebagai perantara antara mata dan otak. Semua cahaya akan masuk ke organ ini dan diubah menjadi impuls-impuls listrik, yang kemudian dikirimkan ke otak dan diolah menjadi pemandangan.

Koroid

Jaringan pembuluh darah yang sangat rumit dan kompleks, namun tidak serumit hati Romeo saat memandang Juliet dengan kedua bola matanya. Koroid akan melepaskan nutrisi dan oksigen yang diperlukan setiap bagian mata.

Makula

Inilah titik fokus kecil yang ada di bagian tengah retina. Makula membuat manusia mengenali apa yang ada di depannya. Seperti warna dan beragam hal-hal detail lainnya.

Setelah mengetahui bagian-bagian dari mata tersebut, berikut adalah cara kerja mata:

Bagan Cara Kerja Mata - Begini Tahapan Mata Bekerja

Bagan Cara Kerja Mata

Pertama, cahaya akan masuk ke mata dan diterima oleh kornea. Dari situ, cahaya kemudian diteruskan ke pupil. Di tempat ini cahaya tersebut disaring dan ditentukan yang masuk ke bagian mata yang lebih dalam. Iris kemudian memiliki tugas lain, yaitu sebagai diafragma yang akan mengatur masuknya cahaya.

Kemudian lensa mata akan menerima cahaya dari pupil dan meneruskannya ke retina. Fungsi lensa mata adalah mengatur fokus cahaya, sehingga jatuh tepat pada bintik kuning, retina. Untuk benda-benda jauh, lensa akan bergerak menipis, sementara untuk melihat benda dekat lensa mata akan menebal. Dari retina, cahaya kemudian diteruskan ke saraf optik, yang kemudian dikirimkan ke otak menjadi sebuah penglihatan.

Itulah tahapan kerja dari mata manusia yang begitu sempurna. Untuk itu, jangan biarkan gangguan sekecil apa pun menghinggapi indera penglihatan. Bila mata Sahabat Braito terasa lelah dan kering, segera gunakan obat tetes mata untuk membantu menyejukkan dan melumasi bola mata. Mata yang kering dapat kembali segar dengan Braito Tears.

Begini Tahapan Mata Bekerja | Admin | 4.5