Begini Dampak Negatif Terlalu Lama Melihat Layar Gadget

By On Senin, April 30th, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Awalnya hanya sekadar ingin cari hiburan, pilih-pilih game di gadgetscoll media sosial, lama-lama jadi keenakan hingga tanpa sadar sudah sepanjang hari khusyuk depan layar gadget. Pernah mengalaminya? Sepertinya hampir setiap orang pernah mengalaminya.Begini Dampak Negatif Terlalu Lama Melihat Layar Gadget - Begini Dampak Negatif Terlalu Lama Melihat Layar Gadget

Jika tidak pandai membatasi diri, kecanggihan teknologi memang mudah bikin kebablasan. Bahkan bisa berujung pada level yang lebih tinggi, yaitu ketagihan. Senang memang didapat, tetapi ingat segala hal yang sudah menjadi candu juga bakal meninggalkan efek negatif.

Demikian halnya dengan melihat layar gadget. Jika terlalu lama, Sahabat Braito bisa menerima dampak negatifnya seperti berikut ini.

Otak Jadi Menyusut

Dilansir dari Psychology Today, orang yang gemar melihat layar gadget dalam waktu lama punya kecenderungan melakukan aktivitas kognitif. Ini bisa dilihat dari perubahan perilaku yang cenderung menyendiri, kurang interaksi, jarang bergaul dan lebih suka melamun. Dampaknya, kinerja otak jadi berkurang, dan jika terjadi dalam waktu lama dapat menyebabkan penyusutan otak.

Mudah Terbawa Emosi

Di sisi lain, karena ada perubahan perilaku yang mengarah ke introvert, penyendiri atau bisa bahkan menutup dari kehidupan sosial, membuat orang yang kecanduan melihat layar gadget dalam waktu lama jadi mudah terbawa emosi. Bawaannya kalau tidak marah-marah, jadi mudah tersinggung. Kalau menurut bahasa anak muda sekarang adalah baper alias bawa perasaan.

Tubuh Mudah Terkena Sindrom Metabolik

Terlalu lama melihat gadget bukan saja menyebabkan lupa waktu, namun juga mengganggu metabolisme tubuh. Sebab, menurut Victoria L. Dunckley, MD, pakar kesehatan internasional, orang-orang jadi menerapkan gaya hidup asal-asalan, seperti makan sembarangan, kurang tidur, jadi malas olahraga dan rentan stres. Akibatnya, sindrom metabolik seperti penyakit obesitas, diabetes dan tekanan darah tinggi tidak bisa dihindarkan.

Kesehatan Mata Jadi Terganggu

Studi yang dilakukan oleh Profesor Steven Gortmaker, menjelaskan bila layar gadget  memiliki sinar biru yang dapat merusak retina mata bilamana organ penglihatan tersebut terpapar dalam waktu lama. Jangankan sepanjang hari, satu jam melihat layar gadget saja menurut guru besar sosiologi kesehatan Harvard tersebut, sudah bisa menyebabkan otot mata tegang dan mata kering.

Sebagai solusinya, Profesor Steven menganjurkan Sahabat Braito untuk menerapkan konsep 20-20-20. Artinya, sesudah 20 menit melihat layar, pandanglah objek yang berada pada jarak sejauh 20 meter, selama 20 detik. Langkah ini dapat melemaskan otot mata, sekaligus menyeimbangkan kinerja mata.

Sementara, jika mata tiba-tiba mengalami iritasi minor yang diakibatkan karena terlalu lama melihat layar, segera tetesi dengan Braito Tears. Obat tetes mata ini dapat menyejukkan mata kering dan lelah akibat terlalu lama memandang layar gadget, termasuk pula layar televisi dan komputer.

meredakan mata merah karena iritasi mata ringan yang salah satunya diakibatkan terlalu lama memandang layar gadget, termasuk pula layar televisi dan komputer.

Nah, mengingat dampak-dampak tersebut hampir keseluruhan membuat bulu kuduk merinding, cobalah untuk mulai memanfaatkan gadget lebih wajar. Jalin sosialisasi dan interaksi dengan banyak orang, karena menjalani hidup yang lebih ‘nyata’ jauh lebih bermakna dari sebatas kebahagiaan semua dunia maya.

Begini Dampak Negatif Terlalu Lama Melihat Layar Gadget | Admin | 4.5