Begini Cara Memanjakan Mata dengan Eye Palming

By On Jumat, April 27th, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Mata lelah dan letih di tempat kerja adalah fitur bagi manusia modern yang punya segudang kesibukan. Masalah ini bisa menyebabkab gangguan indera penglihatan. Salah satunya adalah keluhan mata kering, yaitu hilangnya kelembapan akibat berkurangnya produksi air mata.

Sahabat Braito tidak hanya memerlukan tetes mata terbaik, seperti Braito Tears yang memiliki kandungan Hydroxy Propyl Methyl Cellulose yang efektif memberikan ‘air mata’ tambahan supaya kelembapan mata kembali terjaga, tapi juga latihan khusus bernama Eye Palming.

Eye palming adalah metode merelaksasikan mata dengan menutup penglihatan menggunakan kedua telapak tangan. Diadaptasi dari Latihan Yoga Mata, aktivitas ini tidak hanya tepat untuk menyegarkan mata, tetapi juga memberikan ketenangan batin dan pikiran bagi Sahabat Braito. Coba yuk!

Pemanasan Tangan

Lakukan pemanasan dengan menghangatkan bagian telapak tangan. Pertemukan kedua telapak tangan dan gosok-gosok hingga suhunya menghangat. Cara lain adalah dengan meletakkannya di dalam air hangat.

Atur posisi tangan sehingga terkatup sempurna. Jempol kanan dengan jempol kiri, begitu seterusnya hingga jari-jari kelingking. Selain itu juga bisa dengan posisi telapak tangan kiri menutupi bagian atas, atau area jempol kanan sehingga keduanya membentuk huruf ‘V’.

Atur Posisi Telapak Tangan di Wajah

Langkah kedua adalah mengatur posisi telapak tangan pada wajah. Bagian telunjuk ditempatkan pada ujung hidung. Pastikan bahwa posisi tersebut tidak mengganggu pernafasan melalui hidung. Bila dianggap kurang nyaman, coba atur sedemikian rupa sehingga terasa pas.

Tutup Mata dengan Tangan

Periksa posisi tangan. Pastikan bahwa mata tetap terbuka di bawah telapak tangan. Coba lihat sumber cahaya, seperti lampu atau matahari. Bila masih ada cahaya yang masuk melewati jemari tangan, atur lagi posisi hingga benar-benar tertutup sepenuhnya.

Ambil Nafas Dalam-Dalam

Persiapkan diri untuk memberikan relaksasi bagi mata, sekaligus memberikan ketenangan pada sistem saraf tubuh. Jangan terlalu berkonsentrasi pada mata atau area di sekitarnya. Coba untuk fokus melakukan pernafasan yang baik dan benar. Konsentrasilah pada tarikan dan hembusan nafas yang teratur.

Langkah Terakhir

Tutup mata di balik telapak tangan dan lakukan meditasi untuk menjernihkan pikiran serta berkonsentrasi pada teknik relaksasi. Coba bayangkan hal-hal yang bikin pikiran menjadi tenang, misalnya deburan ombak yang tenang di pinggir pantai dengan latar belakang matahari tenggelam, atau langit malam yang gelap dan berbintang.

Konsentrasi hingga merasakan hangatnya telapak tangan pada mata. Namun harus diingat agar tidak terlalu kuat menekan telapak ke mata. Lakukan cara ini dengan posisi tubuh duduk atau berdiri sehingga tulang belakang tegak lurus ke atas dan membuat tubuh menjadi lebih mudah dalam merelaksasi diri.

Lakukan eye palming ini secara teratur, setidaknya sehari sekali agar kesehatan indera penglihatan terjaga dengan sempurna. Mata sehat akan membuat segalanya lebih indah untuk menikmati dunia.

Begini Cara Memanjakan Mata dengan Eye Palming | Admin | 4.5