Bagian Tubuh Ini Paling Merasakan Sakit saat Disengat Lebah

By On Kamis, Maret 1st, 2018 Categories : Lifestyle

Braito.co.id – Setiap orang pasti tak mau disengat lebah, apalagi Sahabat Braito. Bahkan mungkin ada yang rela sakit hati melihat Raisa menjadi istri orang lain ketimbang kena sengatan dari hewan penghasil madu tersebut.

Ketika seekor lebah menancapkan sengatnya pada tubuh, seseorang akan mengalami luka berupa ruam merah, bengkak dan rasa nyeri, belum termasuk sensasi ketika sengat itu menancap pada tubuh. Rasa sakit tersebut ditimbulkan oleh dua hal. Pertama karena adanya senyawa kimia melittin yang dilepaskan lebah kepada korban sengatan. Bisa ini kemudian menimbulan reaksi dari reseptor rasa sakit, yang membuat sensasi seperti terbakar.

Kedua, sengat lebah ternyata bergerigi. Ketika sengatan terjadi, gerigi itu pun menyebar dan menimbulkan rasa sakit tak tertahankan. Saat ‘tertanam’ di kulit, racun pada sengat terus menyebar. Bikin sebal tak tertahankan.

Ternyata, seperti Multi Level Marketing, sengatan lebah juga punya rasa sakit yang berjenjang. Pada beberapa bagian tubuh tertentu, sengatan itu tidak seberapa, sementara pada bagian tubuh lainnya rasanya seperti ingin mati saja.

Seorang entomologis bermana Justin Schmidt pun kemudian melakukan penelitian tentang rasa sakit pada sengatan serangga. Selain dilihat dari jenisnya, Schmidt mengatakan bahwa rasa sakit akan berbeda pada tubuh yang diserang.

Misal, untuk lebah madu sengatannya tergolong skala dua dengan sensasi terbakar, korosif, tapi masih bisa ditoleransi. Seperti terkena korek api yang menyala, kemudian dimatikan menggunak lye dan asam sulfta.

Tapi beda tempat sengatan, beda pula rasanya. Pada punggung tangan, sengatan lebah mungkin tak begitu mengganggu. Namun tunggu sampai tersengat di bagian bibir atau lidah.

“Rasa sakitnya langsung muncul, mendalam, dan melumpuhkan. Selama 10 menit, rasanya hidup menjadi tak berguna,” tulis Schmidt dalam buku The Sting of the Wild.

Lalu di bagian tubuh manakah yang akan merasakan sakit paling parah ketika tersengat lebah?

Seorang peneliti bernama Michael L. Smith dari Departemen Neurologi dan Perilaku, Cornell Universuty, AS, kemudian ‘mengorbankan diri’ dengan membiarkan tubuhnya jadi sansak hidup bagi para lebah. Ia membiarkan tubuhnya disengat lebah madu. Syarat berikutnya, lebah-lebah tersebut  dari sarang yang sama dan menyerang 25 bagian tubuh sebanyak tiga kali selama 60 detik. Kemudian ia membuat skala antara satu sampai 10 untuk nyeri sengatan yang dirasakannya.

Hasilnya sungguh mengejutkan. Dari sekian banyak anggota tubuh, sengatan yang paling menyiksa adalah pada lubang hidung dengan skala sembilan. Sementara rasa sakit kedua adalah bibir atas dengan nilai 8,7.

Tanpa memandang bagian tubuh mana yang disengat lebah, serangan ini tentu sangat membahayakan. Apalagi kalau sampai mengenai mata. Tak hanya rasa sakit, organ ini pun juga bisa terancam mengalami kebutaan. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya hindari tempat-tempat yang banyak lebah berkeliaran.

Bagian Tubuh Ini Paling Merasakan Sakit saat Disengat Lebah | Admin | 4.5