Asyik Panjat Pinang, Jangan Sampai Kesehatan Mata Terabaikan

By On Selasa, Mei 1st, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Sebentar lagi bangsa Indonesia akan merayakan hari kemerdekaannya, yang dirayakan setiap tahun pada tanggal 17 Agustus. Karena tanggal merah, sudah pasti dapat libur, dong. Tapi sebagian kaum pekerja akan melakukan upacara pengibaran bendera Merah Putih di pagi hari. Sementara lainnya bisa santai-santai di rumah atau pergi berlibur bersama keluarga.

Dalam merayakan kemerdekaan Indonesia, setiap tempat akan bersolek dengan corak merah dan putih. Mulai dari memasang bendera di depan rumah, bendera-bendera kecil yang saling bersilang di langit-langit kampung, sampai tembok-tembok yang dicat kembali supaya terlihat lebih segar. Anak-anak pun terlihat riang gembira karena sore nanti bakal berlomba dengan bocah-bocah lain seumurannya untuk mendapatkan gelar ‘Raja Agustus’ meski dengan hadiah yang sederhana.

Salah satu lomba untuk dinobatkan sebagai Raja Agustus adalah panjat pinang. Permainan ini tergolong paling seru dibandingkan dengan permainan hari Kemerdekaan lainnya. Bahkan beberapa orang menyebutnya sebagai olahraga karena benar-benar menguras keringat.

Konon, panjat pinang ini sudah ada, bahkan sebelum Indonesia merdeka. Cara memainkannya adalah dengan memasang sebatang pohon pinang secara vertikal, kemudian melumuri batangnya dengan semacam minyak hitam supaya licin dan susah untuk dipanjat. Di ujungnya terdapat beragam hadiah yang memang sengaja disediakan khusus kalau kelompok pendaki pinang licin tersebut sukses mencapai puncak dan membagi-bagikan hadiah kepada semua orang di bawahnya.

Panjat pinang ini dulunya diadakan oleh orang Belanda saat mereka sedang melaksanakan hajatan. Tapi yang disuruh manjat bukannya orang-orang Belanda, melainkan masyarakat pribumi. Mungkin dilaksanakan sebagai salah satu hiburan dalam pesta tersebut.

Selain populer di masyarakat Indonesia, panjat pinang juga dimainkan di Tiongkok. Berbeda dengan Indonesia yang melaksanakan panjat pinang untuk merayakan hari kemerdekaan, di Tiongkok, acara panjat pinang adalah untuk meramaikan festival hantu. Kabarnya, perayaan ini sudah dilakukan sejak masa Dinasti Ming. Wah, Indonesia kalah jauh, dong.

Meski berbeda perayaan, tapi cara memainkan antara panjat pinang Indonesia dan Tiongkok hampir sama. Peserta akan ditantang untuk memanjat ke puncak pohon yang dilumuri minyak. Karena licin, permainan ini butuh kerja sama. Nggak mungkin banget satu orang bisa menaiki pinang tersebut, bahkan untuk Spiderman sekali pun.

Satu orang akan rela berkorban, berdiri memeluk batang pohon dan menjadi tumpuan paling bawah. Kemudian orang kedua akan menaiki pundak orang pertama. Begitu seterusnya sampai orang terakhir mampu memanjat puncak. Tidak diketahui bagaimana sistem pembagian hadiah setelah pinang berhasil dipanjat.

Salah satu masalah aktivitas panjat pinang ini adalah adanya material tertentu seperti debu atau tanah dari pemanjat di atasnya yang bisa saja mengenai mata. Jika sudah begitu, iritasi pun tidak dapat dihindarkan. Turunlah sejenak dan teteskan Braito Original sebanyak 1-2 tetes pada bagian mata yang teriritasi. Obat tetes mata ini mengandung Tetrahydrozoline Hydrochloride yang dapat membantu meringankan gejala iritasi secara cepat dan aman.

Jadi, jangan menyerah sebelum sampai puncak. Merdeka!

Asyik Panjat Pinang, Jangan Sampai Kesehatan Mata Terabaikan | Admin | 4.5