7 Pertolongan Pertama Saat Pandangan Mendadak Kabur

By On Selasa, Mei 1st, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Mata kabur bukan berarti bola mata melarikan diri dari ‘sarangnya.’ Ini adalah istilah ketika apa yang dilihat oleh mata tidak jelas, nge-blur, dan tidak fokus. Sebagai satu-satunya indera penglihatan, jelas orang akan bingung ketika tiba-tiba matanya kabur. Kalau sementara waktu saja mungkin tidak begitu bermasalah, tapi kalau kabur dalam jangka waktu lama, ini yang bikin pusing kepala. Padahal kerjaan sedang banyak-banyaknya.7 Pertolongan Pertama Saat Pandangan Mendadak Kabur - 7 Pertolongan Pertama Saat Pandangan Mendadak Kabur

Menurut dr. Nurwany, Sp.M., spesialis Mata di RS Meilia Cibubur, ada beberapa penyebab pandangan kabur mendadak. Adanya kelainan pada saraf atau retina mata menjadi salah satu alasannya. Misalnya, terjadinya pendarahan, ablasio retina, maupun penumpukan cairan (edema macula). Biasanya hal ini terjadi karena fokus mata yang terlalu berlebihan sampai-sampai lupa kalau mata juga punya batasan dan butuh istirahat.

Wah, kalau pandangan mendadak kabur, apa yang harus dilakukan, ya?

Istirahatkan Mata Sejenak

Seperti yang sudah dibicarakan tadi, mata pun juga butuh istirahat. Ketika mata terlalu tegang hingga pandangan kabur, cobalah untuk berhenti sejenak dari rutinitas. Biarkan mata Sahabat Braito ‘menyelonjorkan kakinya’ setelah lelah berlari seharian. Caranya adalah dengan melihat objek-objek benda yang jaraknya lebih jauh, atau bila perlu, manfaatkan waktu sejenak untuk berjalan-jalan.

Sering Mengedipkan Mata

Mungkin pandangan mata jadi kabur karena mata tegang akibat lupa tidak mengedipkan mata. Maklum saja, bila sudah fokus dengan pekerjaan, banyak orang lupa mengedipkan kelopak mata. Padahal kedipan tersebut berguna untuk merangsang produksi cairan mata agar terjaga kelembapannya. Buat yang sering berada di depan komputer, jangan lupa untuk mengedipkan mata, setidaknya setiap lima detik sekali.

Hangatkan Mata

Otot yang tegang biasanya akan kembali santai bila diberi ‘kehangatan.’ Untuk mata yang tegang, berikan kehangatan lewat telapak tangan. Gosok-gosokkan kedua telapak tangan hingga terasa hangat, kemudian tempekan pada kelopak mata yang tertutup dan biarkan kehangatan itu meresap. Lakukan beberapa kali hingga mata terasa lebih rileks.

Berikan Pijatan

Cara lain untuk memberikan rileksasi pada mata agar tidak mudah kabur saat terlalu tegang adalah dengan memberikan pijatan. Sebelum tidur malam berikan pijatan pada kelopak mata dengan lembut selama dua menit. Pijatan dipercaya bisa memperbaiki sirkulasi darah ke mata agar membuatnya lebih rileks.

Tetes Mata

Cara lain membuat mata jadi lebih segar dan tidak kabur adalah dengan membasuhnya menggunakan obat tetes mata. Gunakan 1-2 tetes Braito Original pada mata yang pandangannya memburuk yang dimungkinkan akibat mengalami iritasi mata. Teteskan 2-3 kali sehari. Apabila sampai tiga hari, kondisi mata tetap masih sama, segera periksakan ke dokter mata untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Kompres Handuk Hangat

Selain itu, memberikan ketenangan pada mata juga bisa dilakukan dengan kompres handuk hangat. Gunakan handuk yang sudah dicelupkan ke dalam air panas dan diperas, kemudian letakkan hingga menutupi kedua mata. Ulangi lagi ketika handuk mulai dingin hingga mata terasa lebih enteng.

Periksakan Mata

Terkadang, pandangan yang kabur bukan karena hal sepele. Bisa saja karena mata mulai kehilangan kekuatannya sehingga kemampuan fokusnya berkurang. Agar lebih mengetahui masalah kesehatan mata Sahabat Braito, kunjungi ahli mata terdekat supaya bisa langsung mendapatkan langkah pencegahan dan perawatan sebelum pandangan semakin kabur.

Itulah tujuh pertolongan pertama saat pandangan mendadak kabur. Tak usah panik dulu ketika mengalaminya. Dengan pertolongan yang tepat, mata bisa kembali sehat seperti sedia kala.

7 Pertolongan Pertama Saat Pandangan Mendadak Kabur | Admin | 4.5