7 Cara Mengobati Sakit Mata Dengan Cepat

By On Selasa, Mei 1st, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Sakit mata itu berjuta rasanya. Tak hanya terasa perih, penampilan pun juga terganggu karena warna mata yang berubah jadi kemerahan. Ingin mencari obat tetes mata yang bisa mengatasinya dengan cepat, tapi kebetulan tidak bawa. Lalu apa yang bisa dilakukan?7 Cara Mengobati Sakit Mata Dengan Cepat - 7 Cara Mengobati Sakit Mata Dengan Cepat

Perlu diketahui bahwa sakit mata terjadi karena adanya infeksi pada selaput mata. Bagian terluar mata mengalami kontak dengan benda-benda, seperti asap rokok, debu, atau polusi kendaraan bermotor. Selain itu, menurut dr. Tjahjono Darminto Gondhowiardjo, Sp.M, Ph.D, Direktur Pengembangan dan Pendidikan Jakarta Eye Center Korporat, sakit mata juga bisa menular melalui media yang disentuh oleh penderita.

Jangan sampai karena tidak ada obat mata, telapak tangan pun mengarah dan mengucek mata yang teriritasi. Bukannya sembuh, hal ini malah bikin mata merah jadi makin parah. Selain itu, orang yang kemudian memegang media yang terinfeksi juga bisa tertular penyakit mata.

Sebelum mata merah menjadi parah dan menular ke orang lain, segera atasi sakit mata dengan tujuh cara cepat berikut ini.

Kompres Dingin

Ketika kelopak mata mulai terasa gatal dan membengkak, sudah pasti ada yang salah. Untuk pencegahan dini, segera berikan handuk dingin atau makanan beku dari freezer untuk mengompres mata. Cara ini juga dipercaya bisa mencegah kuman penyebab sakit mata berkembang biak.

Jangan Gosok Mata

Mata merah terjadi karena iritasi disertai dengan gosokan pada indera penglihatan. Untuk itu, jauhkan tangan dari mata ketika mulai terasa gatal dan tidak nyaman. Sensasinya mungkin mengasyikkan, tapi dampaknya bisa makin memperparah kondisi mata yang terinfeksi.

Cuci Tangan

Bisa jadi, mata jadi terasa gatal gara-gara tangan yang kotor terkena debu serta polusi kendaraan selama seharian di jalanan. Supaya tidak semakin parah, cucilah tangan dengan sabun dan bilas dengan bersih.

Kentang Dingin

Punya simpanan kentang di dalam kulkas? Segera ambil dan belah menjadi dua bagian. Kemudian tempelkan irisan kentang tersebut pada mata. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk membuat mata kembali rileks sekaligus menghilangkan gatal-gatal akibat mata merah.

Gunakan Obat Tetes Mata

Bila sedang dalam perjalanan, segera pinggirkan kendaraan di apotek terdekat dan dapatkan Braito Original. Dengan formula Tetrahydrozoline HCl, Braito Original mampu meredam mata merah akibat debu, kotoran atau asap kendaraan dengan cepat dan tepat. Cukup 1-2 tetes, sebanyak 2-3 kali sehari pada kedua mata agar iritasi bisa diatasi dengan cepat.

Cuci Mata

Cuci mata yang ini jangan disamaartikan dengan melihat lawan jenis yang menarik, ya. Bukan juga dengan jalan-jalan sore di taman kota. Begitu mata merasakan gangguan, cuci dengan air bersih agar debu dan kotoran terbilas keluar.

Mentimun Dingin

Ada cara tradisional dan murah meriah dalam menyembuhkan sakit mata, yaitu dengan menempelkan mentimun dingin pada kelopak mata. Semakin dingin mentimunnya, semakin asik pula proses penyembuhannya. Selain menyembuhkan, mentimun dingin juga akan melepaskan zat anti-iritasi supaya mata tidak sampai membengkak.

Ada banyak cara yang bisa dijadikan sebagai obat sakit mata. Untuk penyembuhan yang lebih cepat, segera lakukan penanganan dini saat mata terasa tidak nyaman. Makin cepat pengobatannya, makin kilat pula masalah tersebut teratasi. Selamat mencoba!

7 Cara Mengobati Sakit Mata Dengan Cepat | Admin | 4.5