6 Cara Mengobati Mata Perih Yang Paling Aman

By On Selasa, Mei 1st, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Ketika sedang asik mengerjakan tugas-tugas yang bertumpuk di meja, tiba-tiba saja penglihatan terasa sakit. Duh, kenapa ya? Ternyata mata perih ini ada penyebabnya dan harus segera dicarikan obat untuk meredakannya. Bila tidak, rasa tidak nyaman akan menghantui sepanjang sisa hari.6 Cara Mengobati Mata Perih Yang Paling Aman - 6 Cara Mengobati Mata Perih Yang Paling Aman

Menurut dr. Rozalina L.Zulkarnain, Sp.M dari Surabaya Eye Clinic, penyebab mata perih saat sedang bekerja itu disebabkan oleh lingkungan di sekitar meja kerja dan akan semakin mempengaruhi kinerja bila dibiarkan begitu saja.

“Gejala-gejala ini dirasakan lebih buruk pada saat berada pada kondisi lingkungan yang berangin, pada ruangan ber-AC, atau setelah membaca/bekerja dengan komputer dalam jangka waktu yang lama,” jelas dr. Rozalina.

Sebelum gangguan mata perih tersebut semakin melebar ke mana-mana, sebaiknya pelajari dulu cara-cara mengobatinya dengan aman dan cepat.

Air Mata Buatan

dr. Rozalina menyarankan agar mata perih diatasi dengan tetes mata yang bisa membantu mata dalam membuat air mata buatan.

“Air mata buatan ini boleh dipakai setiap hari sebanyak 1-2 tetes setiap 4 jam, atau bahkan dengan adanya kemasan air mata buatan yang non preservative (tanpa bahan pengawet), air mata buatan ini boleh dipakai sesering mungkin sampai beberapa kali dalam satu jam,” terang dr. Rozalina.

Untuk mata yang terasa perih, Sahabat Braito bisa menggunakan obat mata terbaik Braito Tears yang berfungsi sebagai air mata buatan. Membantu meredakan perih dan iritasi yang menyebabkan mata kering, Braito Tears membantu menyejukkan dan melumasi mata.

Gunakan Humidifier

Bila memungkinkan, atau ada fasilitas dari kantor, pinjamlah pelembap ruangan atau humidifier agar bisa digunakan pada ruangan Sahabat Braito. Udara yang lebih lembap akan membantu mata supaya tidak kering karena hembusan pendingin udara, atau Air Conditioner.

Pelindung Mata

Saat berada di luar ruangan yang kondisinya berangin, hindarilah mata perih dengan mengenakan kacamata atau pelindung mata lainnya agar bakteri, kuman, atau virus yang diterbangkan oleh angin tak sampai hinggap ke mata.

Kompres Mata

Banyak orang percaya bahwa memberikan kompres dingin pada angGOta tubuh yang sakit bisa meredakan rasa tersebut. Gunakan handuk yang dibasahi dengan air es, kemudian tempelkan handuk tersebut hingga menutupi kedua mata. Dingin dari air es dan handuk akan membantu meringankan rasa perih pada mata.

Ekstrak Bilberry

Jika mata terasa perih akibat bersentuhan langsung dengan debu, gunakanlah ekstrak buah bilberry. Produk ini dipercaya memiliki kandungan anthocyanin, sebuah senyawa yang bisa melancarkan sirkulasi darah pada mata, serta melindungi sel saraf mata dari radikal bebas. Biasanya ekstrak ini tersedia dalam bentuk tablet.

Kompres Mentimun

Mata perih juga bisa diredakan dengan memberikan sensasi dingin pada mata. Dinginkan mentimun ke dalam kulkas, kemudian iris tipis dan tempelkan irisan tersebut pada kedua mata. Rasa dingin akan membantu meredakan rasa perih pada mata sekaligus membuatnya lebih rileks. Selain itu, mentimun juga punya kandungan anti-iritasi yang bisa membantu meredakan rasa gatal pada mata.

Itulah enam cara aman yang bisa dicoba sebagai obat dari mata perih. Tapi bila sakit berlanjut, disarankan untuk mengonsultasikan masalah tersebut bersama dengan dokter mata kepercayaan Sahabat Braito. Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh!

6 Cara Mengobati Mata Perih Yang Paling Aman | Admin | 4.5