6 Cara Mengobati Mata Gatal Karena Debu

By On Selasa, Mei 1st, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Beraktivitas di luar ruangan seharian pastinya memiliki risiko terpapar polusi yang cukup tinggi. Asap kendaraan bermotor hingga debu yang bertebaran bisa mengganggu kesehatan, terutama area mata. Pasti pernah mengalami bagaimana rasanya mata yang kemasukan debu saat sedang berkendara dong? Mata gatal, merah, sampai terasa sakit dan perih bisa menjadi masalah yang mengganggu kondisi organ tubuh yang satu ini.

Tapi, jangan kucek mata yang gatal karena kemasukan debu, Sahabat Braito. Kebiasaan ini bisa menyebabkan iritasi pada area tersebut. Terapkan saja 6 cara ini yang bisa menjadi obat ampuh mengatasi mata gatal.

Kompres Dengan Air Dingin

Langkah pertama yag bisa dilakukan untuk mengatasi mata gatal adalah mengompresnya dengan air dingin. Gunakan handuk bersih, masukkan ke dalam air es, lalu gunakan untuk mengompres mata selama 10 menit. Lakukan cara ini empat kali sehari sebagai obat praktis mengatasi mata gatal. Sensasi air es ini bisa membantu meringankan gejala sakit dan gatal di area tersebut.

Irisan Mentimun

Mentimun adalah salah satu obat alami yang memiliki kandungan anti-inflamasi sekaligus memberikan kesejukan pada mata. Jadi, bahan ini juga baik untuk mengatasi mata gatal. Caranya juga mudah kok, iris mentimun, masukkan beberapa potongannya ke dalam lemari es selama 30 menit. Setelah itu, ambil dan tempelkan di area mata selama beberapa menit. Bahan ini sangat baik untuk mengurangi rasa sakit dan gatal di area tersebut.

Lidah Buaya

Bahan yang satu ini dikenal menjadi obat efektif untuk mengatasi mata gatal. Lidah buaya memiliki manfaat untuk mengurangi iritasi, rasa sakit serta perih yang muncul akibat kemasukan debu. Cara menggunakannya gampang banget. Olah lidah buaya ini menjadi jus dan gunakan cairan tersebut untuk mencuci area mata. Aplikasikan dua kali sehari sampai kondisi gatalnya mulai mereda.

Obat Mata

Mata yang kemasukan debu juga sering menyebabkan kondisinya jadi kering. Hal ini pastinya mengganggu kenyamanan saat beraktivitas dong. Nah, obat mata bisa jadi cara praktis untuk mengatasi mata kering ini. Tapi, pastikan pilih obat tetes mata yang bisa melembapkan mata kembali sehingga mengurangi gejala mata kering dan sakit yang mengganggu aktivitas.

Gunakan saja Braito Original. Obat tetes mata mengandung formula khusus yang dapat membantu mengatasi iritasi mata, yang salah satunya akibat terkena debu. Langsung teteskan saja 1-2 tetes Braito Original pada bagian mata yang terkena iritasi. Lakukan sebanyak 2-3 kali sehari, hingga masalah iritasi mata benar-benar sembuh dan Sahabat Braito bisa melanjutkan aktivitas kembali.

Kompres Dengan Teh Chamomile

Teh chamomile juga bisa bekerja sebagai obat praktis yang mengatasi mata gatal karena kemasukan debu. Masukkan sisa kantung teh chamomile ke dalam freezer selama 30 menit. Setelah itu, gunakan untuk mengompres mata yang terasa gatal dan sakit. Lakukan cara ini secara rutin agar bisa segera sebuh.

Kombinasi Air Dan Garam

Air dan garam ibarat perfect pair yang bisa membantu merawat kondisi mata gatal dan sakit karena kemasukan debu. Bahan yang satu ini sangat baik untuk mengatasi mata merah karena iritasi atau gatal. Tak hanya itu, garam juga memiliki kandungan antibakteri yang bisa membunuh kuman yang masuk ke dalam mata.

Gunakan kedua bahan ini sebagai obat dengan cara kombinasikan air bersih dengan satu sendok teh garam. Rebus air tersebut sampai garamnya larut lalu gunakan untuk mencuci area mata. Ulangi penggunaan obat ini agar hasilnya lebih maksimal.

Obat praktis di atas untuk mengatasi mata gatal bisa menjadi alternatif yang bisa dicoba di rumah. Stop mengucek mata saat kemasukan debu mulai sekarang! Singkirkan sakit di area mata dengan cara yang tepat, Sahabat Braito!

6 Cara Mengobati Mata Gatal Karena Debu | Admin | 4.5