6 Cara Mengobati Mata Berair Selama Bekerja

By On Selasa, Mei 1st, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Lho, tiba-tiba saja penglihatan terasa sakit dan air mata meleleh di pipi saat sedang asik-asiknya kerja. Hebohnya lagi, gebetan melihat kejadian itu. Wah, pasti dikira sedang ingat mantan yang bikin hati berantakan, sampai-sampai bikin nangis di tempat kerja. Aduh, kenapa bisa mengalami kondisi mata berair seperti ini? Apa obatnya ya?6 Cara Mengobati Mata Berair Selama Bekerja - 6 Cara Mengobati Mata Berair Selama Bekerja

Sebelum mencari obatnya, sebaiknya pahami dulu mengapa air mata sampai meleleh ke pipi seperti ini. Perlu diketahui bahwa dalam beberapa hal, produksi air mata akan meningkat secara alami, seperti saat menguap, tertawa, atau menangis. Tapi ada saat dimana air mata juga terus diproduksi ketika terlalu lama melihat komputer.

Gejala ini sudah sering terjadi bagi mereka yang berinteraksi langsung dengan komputer, smartphone, atau tablet dan disebut sindroma mata lelah.

“Biasanya, para pasien tidak sadar dengan kondisi yang ada, dan mereka baru pergi menemui dokter mata setelah mata mereka mengalami masalah yang lebih serius,” cerita dr. Ikhsan Revino, SpM, dari klinik mata SMEC Jakarta.

Nah, sebelum masalah mata berair di tempat kerja semakin menjadi, ketahuilah beberapa langkah pencegahan dan pengobatan untuk mata berair selama bekerja.

Istirahatkan Mata

Sama seperti kaki yang digunakan untuk berjalan jauh, mata juga butuh istirahat, lho. Begitu gejala mata berair mulai terjadi, segera hentikan aktivitas kerja dan istirahat sejenak. Sambil beristirahat, alihkan fokus pandangan ke obyek yang jauh. Melihat pemandangan kota dari rooftop, misalnya.

Pijat Mata

Berikan pijatan pada mata, terutama pada bagian salurah air mata. Tapi sebelum memijat, pastikan agar tangan sudah bersih dengan mencucinya terlebih dahulu. Lakukan pijatan lembut mulai sudut mata sampai bagian mata yang berdekatan dengan hidung. Lakukan terapi ini setiap hari, terutama saat sedang beristirahat di kantor.

Kompres Mata

Berhentilah sejenak dari pekerjaan, kemudian carilah handuk dan air hangat. Basahi handuk dengan air tersebut dan letakkan di atas mata. Hal ini dilakukan agar mata menjadi lebih rileks sekaligus untuk mengatasi masalah saluran air mata yang tersumbat.

Obat Tetes Mata

Untuk Sahabat Braito, gunakan Braito Original sebagai pertolongan pertama untuk masalah mata berair. Sebab, bisa dimungkinkan mata berair diakibatkan oleh kuman atau kotoran yang masuk ke mata. Berikan 1-2 tetes Braito Original, pada bagian mata yang berair saja. Aplikasikan sebanyak 2-3 kali sehari hingga masalah mata berair bisa sepenuhnya sembuh.

Obat Antihistamin

Tidak semua gejala mata berair di tempat kerja disebabkan oleh terlalu lama berhadapan dengan layar komputer. Bisa jadi, ada kuman atau bakteri penyebab alergi. Bila ini adalah penyebabnya, minumlah obat antihistamin untuk meredakan gejala tersebut.

Minta Bantuan Dokter

Bila masalah mata berair tetap mengganggu walau sudah diberikan pertolongan pertama, maka jangan menunggu waktu lama untuk konsultasi ke dokter mata. Dokter akan memberikan resep antibiotik, bila masalah mata berair tersebut memang benar-benar disebabkan oleh konjungtivitas atau infeksi mata lainnya.

Itulah beberapa obat atau cara mengatasi mata berair selama bekerja. Jangan lupa, bila sakit mata berlanjut, segera konsultasikan masalah ini dengan spesialis mata secepatnya. Jangan ditunda-tunda, karena selain bikin tidak nyaman, juga bisa bikin gebetan salah sangka.

6 Cara Mengobati Mata Berair Selama Bekerja | Admin | 4.5