5 Tips Lindungi Mata Selama Perjalanan Pulang Usai Libur Akhir Pekan

By On Rabu, Mei 2nd, 2018 Categories : Kesehatan Mata, Lifestyle

Braito.co.id – Liburan akhir pekan telah usai. Pikiran segar usai menikmati keseruan liburan bersama keluarga. Waktu pun semakin sore, tiba waktunya untuk kembali melakukan perjalanan pulang. Sama saat berangkat, Sahabat Braito harus tetap menjaga kesehatan mata. Terutama saat mengendarai kendaraan, seperti motor dan mobil. Sulit membayangkan bila menempuh perjalanan, apalagi jauh, tetapi dengan kondisi mata merah, pedih atau berair karena mengalami gangguan pada indera penglihatan.5 Tips Lindungi Mata Selama Perjalanan Pulang Usai Libur Akhir Pekan - 5 Tips Lindungi Mata Selama Perjalanan Pulang Usai Libur Akhir Pekan

Untuk itu, agar perjalanan pulang lancer dan aman, ikuti lima tips melindungi mata agar tetap terjaga kesehatannya.

Gunakan Kacamata Hitam

Perjalanan yang panjang memungkinkan Sahabat Braito untuk berhadapan langsung dengan sinar matahari. Menurut dr.Yudisianil E.Kamal, Sp.M (K), staf ahli divisi refraksi dan lensa kontak RSCM Kirana, sinar ultraviolet dari matahari dapat bersifat toksik ke saraf mata atau retina. Bila berlangsung terus menerus dan lama, sinar UV bisa menyebabkan gangguan mata, seperti katarak atau penyakit pterigium.

Untuk meminimalisir dampak negatif sinar UV, kenakan kacamata hitam yang bisa menyaring sinar tersebut sebelum benar-benar mengenai mata.

Pakai Helm Bervisor Ganda

Khusus untuk pemudik bermotor, lengkapi diri dengan helm visor ganda. Tak hanya melindungi dari debu dengan visor utama, visor kedua memiliki lapisan yang gelap sehingga membuat pandangan jadi lebih adem di siang hari.

Bawa Tetes Mata

Gangguan mata datangnya tak bisa diprediksi. Mata yang sudah dilindungi visor helm kadang masih saja kelilipan. Sementara pengendara mobil biasanya mengalami mata lelah akibat hembusan dari pendingin udara.

Bawa selalu tetes mata Braito Original Sekali Tetes ke mana pun pergi untuk menjaga kesehatan mata. Begitu gangguan datang, sobek sebungkus dan teteskan pada bagian mata yang terasa sakit. Formula Tetrahydrozoline Hydrochloride  0,05% akan membantu mengatasi iritasi mata ringan selama perjalanan, sekaligus menyejukkan kembali penglihatan. Namun, bila sakit mata berlanjut jangan segera periksakan ke dokter mata terdekat.

Jauhkan Tangan dari Mata

Debu, kotoran, atau partikel-partikel kecil yang beterbangan di udara bisa saja masuk ke mata secara tak terduga. Ketika mengalami kelilipan, pastikan untuk menjauhkan tangan dari mata. Hembusan angin dan polusi udara saat berkendara sudah pasti bikin tangan kotor dan bisa menjadi infeksi ketika mengucek mata. Bila memang memerlukan bantuan tangan, setidaknya bersihkan dulu dengan air sebelum mendekatkannya dengan indera penglihatan.

Beristirahat Ketika Lelah

Memaksakan diri untuk berkendara dalam waktu yang lama bisa menyebabkan penurunan kognisi pada mata. Bila menempuh perjalanan jauh, sebaiknya booking hotel untuk tempat beristirahat di tengah perjalanan. Seperti kata Dr. Nikhil Nasta, ahli bedah mata dari Mumbai India, untuk meremajakan mata secara alami, manusia membutuhkan tidur yang cukup, setidaknya tujuh sampai delapan jam. Lanjutkan perjalanan esok hari dengan badan bugar dan mata sehat.

Yang terakhir, jangan lupa untuk berdoa sebelum memulai perjalanan pulang ke rumah. Selalu waspada dan berhati-hati dalam mengemudi. Semoga selamat sampai ke tempat tujuan.

5 Tips Lindungi Mata Selama Perjalanan Pulang Usai Libur Akhir Pekan | Admin | 4.5