5 Terapi Mata Minus Yang Bisa Dicoba

By On Selasa, Mei 1st, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Dari beberapa gangguan pada indera penglihatan, salah satu yang patut diwaspadai adalah mata minus, atau dalam bahasa medis disebut sebagai myopia. Mata minus adalah sebuah kondisi dimana kelainan mata yang tidak dapat melihat benda-benda jauh. Gangguan ini bisa terjadi karena terlalu sering melihat objek yang berjarak dekat dalam waktu yang lama. Melihat layar komputer di kantor seharian, misalnya.

Selain itu, terlalu lama melihat layar komputer di kantor bisa menyebabkan mata lelah juga, lho. Bila mata terasa perih, linu, dan tidak nyaman, segera berikan pertolongan pertama dengan tetes mata Braito Tears yang akan mengembalikan kelembapan sekaligus kesegaran mata. Cukup 1-2 tetes pada kedua mata sebanyak 2-3 kali sehari, Braito Tears dapat membantu mengembalikan fungsi mata secara normal.

Itu untuk mata lelah atau kering akibat terlalu lama menatap layar, tetapi khusus pencegahan mata minus semakin parah menggunakan kacamata biasanya jadi salah satu solusinya. Meski begitu, mata minus bisa berakibat fatal, terlebih jika diabaikan. Menurut dr. Setiyo Budi Riyanto, Sp.M., ahli mata JEC (Jakarta Eye Center) Kedoya, mata minus juga bisa menjadi penyebab mata katarak bila tidak dirawat dengan baik.

Tidak ingin terkena katarak, bukan? Makanya rawat mata minus sejak dini. Cobalah lima terapi yang bisa dilakukan dengan mudah, kapan saja dan di mana saja.

Teknik Eye Palming

Eye Palming adalah cara untuk membantu mata agar mampu beristirahat dengan optimal. Cara melakukan teknik Eye Palming ini adalah sebagai berikut:

  1. Gosok-gosokan kedua tangan sampai terasa agak panas.
  2. Katupkan kedua mata, kemudian tutup dengan telapak tangan yang hangat. Usahakan tidak menekan bola mata.
  3. Cobalah atur tangan supaya cahaya dari luar tidak ada yang masuk ke dalam mata.
  4. Lakukan beberapa kali sampai mata terasa lebih enteng dan rileks.

Senam Mata

Mata minus bisa saja terjadi karena adanya gangguan kelenturan pada otot mata. Untuk itu, rajin melakukan senam mata bisa mengembalikan elastisitas otot-otot yang menggerakkannya, dan diharapkan bisa menyembuhkan mata minus. Berikut adalah cara untuk melakukan senam mata:

  1. Mata memandang lurus ke depan.
  2. Ubah pandangan ke arah atas secara perlahan, pertahankan selama 10 detik.
  3. Ubah lagi pandangan kembali ke tengah, pertahankan selama 10 detik.
  4. Lakukan gerakan yang sama ke arah bawah, kiri, serta kanan. Untuk setiap pergantian arah, jangan lupa untuk mengembalikan pandangan ke tengah terlebih dahulu.
  5. Setelah semuanya selesai dilakukan, gerakkan mata memutar searah jarum jam sebanyak dua kali.
  6. Kembalikan bola mata ke tengah dan pertahankan selama 10 detik.
  7. Ulangi lagi poin ke-4, namun dengan gerakan melawan arah jarum jam.
  8. Selesaikan dengan teknik Eye Palming.
  9. Lakukan senam mata secara rutin di pagi dan sore hari.

Melihat Objek Jauh

Terapi berikutnya untuk penderita mata minus adalah melihat objek-objek berjarak jauh, terutama yang berwarna hijau. Untuk itu, coba sempatkan di akhir pekan pergi ke pedesaan atau daerah pegunungan. Sambil berpetualang, sembuhkan mata minus.

Latih Mata dengan Benda Bergerak

Kurangi mata minus Sahabat Braito dengan sering-sering melihat benda-benda bergerak. Misal, melihat arus lalu lintas di jalan raya. Bila hal ini dirasa membahayakan karena takut ditangkap Satpol PP karena dikira pengangguran yang sedang putus cinta, coba latih di kantor atau di rumah dengan melihat bola-bola kecil yang ditalikan pada benang dan digerak-gerakkan. Ikuti gerakan bola tersebut untuk melatih mata.

Istirahatkan Mata

Dalam kehidupan sehari-hari, biasakan untuk menyisihkan waktu beberapa menit dalam satu jam untuk mengistirahatkan mata. Dengan istirahat yang cukup, otot mata tidak akan bekerja terlalu keras sehingga kehilangan elastisitasnya.

Itulah lima cara terapi mata yang bisa dicoba untuk mengurangi mata minus. Hasil mungkin tidak didapatkan dalam sekejap, tapi dengan kesabaran dan ketekunan, mata minus bisa disembuhkan dan tidak lagi tergantung pada kacamata. Selamat mencoba!

5 Terapi Mata Minus Yang Bisa Dicoba | Admin | 4.5