5 Manfaat Pemandangan Alam Bagi Kesehatan Mata

By On Senin, April 30th, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Puasa-puasa melihat yang segar-segar kayaknya memang sangat menggoda. ‘Segar’ pun tak hanya merujuk pada makanan. Pemandangan hijau yang indah juga dapat menyegarkan mata.  Sebut saja, air terjun yang diapit pepohonan hijau nan lebat di tengah pegunungan yang begitu menyejukkan.5 Manfaat Pemandangan Alam Bagi Kesehatan Mata - 5 Manfaat Pemandangan Alam Bagi Kesehatan Mata

Tidak hanya memberikan kedamaian, namun sering melihat pemandangan alam ternyata juga punya manfaat yang baik untuk kesehatan mata.

Mencegah Mata Lelah

Terlalu sering melihat gadget dalam jarak dekat sekalus dalam waktu lama mudah membuat otot mata lelah. Ini karena otot mata dipaksa fokus untuk melihat layar tanpa berkedip. Dengan melihat pemandangan alam, otot mata yang lelah bisa sejenak direlaksasikan.

Melatih Fokus Mata

Beberapa objek di alam, seperti pepohonan, air terjun maupun puncak gunung dapat menjadi sarana untuk melatih fokus mata. Misalnya setelah melihat pohon yang ada di depan mata, kemudian melihat air terjun nun jauh di mata. Lakukan selama 20 detik secara berulang-ulang, agar pupil selalu terlatih dan penglihatan senantiasa terjaga kesehatannya.

Mencegah Mata Minus

Rabun jauh (miopi) atau istilah umumnya sering disebut sebagai minus merupakan gangguan penglihatan yang membuat objek jauh terlihat kabur oleh mata. Gangguan ini bisa terjadi lantaran mata terlalu sering melihat objek pada jarak dekat, seperti melihat layar gadget atau komputer. Adanya pemandangan alam, seperti persawahan, perbukitan, dapat menjadi media untuk melatih mata agar juga bisa melihat objek atau benda yang pada jarak jauh.

Menyejukkan Mata

Terlalu sering menatap layar biasanya dapat membuat mata mudah lelah. Pemandangan hijau dapat membuat lensa dan kornea mata bekerja lebih santai. Ini karena secara psikologis, warna hijau pada alam dapat memberikan respon alami pada otak, hingga memberikan efek ketenangan.

Namun, urusan mata lelah juga jangan diabaikan begitu saja. Tetap tetesi dengan obat tetes mata, seperti Braito Tears. Obat tetes mata ini mengandung Hydroxy Propyl Methyl Cellulose yang dapat menyejukkan dan melumasi mata.

Membuat Kinerja Mata Lebih Normal

Salah satu indikator mata sehat menurut Brian S. Boxer Wachler, MD, praktisi kesehatan dari WebMD Foundation, bisa dilihat dari kedipannya. Saat mata berkedip, kelopak mata turut membantu mata melumasi bola mata, sehingga tetap berfungsi secara normal. Namun, intensitas kedipan akan lebih sedikit saat mata melihat objek pada jarak dekat. Dengan melihat pemandangan alam yang dipenuhi objek jarak jauh, mata dapat berfungsi normal setiap waktu.

Setelah membaca ulasan tersebut, Sahabat Braito sekarang jadi tahu kan bila pemandangan alam ternyata juga punya manfaat bagi kesehatan mata.

5 Manfaat Pemandangan Alam Bagi Kesehatan Mata | Admin | 4.5