5 Langkah Pastikan Kesehatan Mata Terjaga Saat Natal Tiba

By On Selasa, Mei 1st, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Bulan Desember adalah bulan yang sangat dinanti-nanti oleh umat Kristiani di seluruh dunia. Tanggal 25 Desember tidak hanya menjadi hari libur biasa, tapi juga merupakan momen istimewa sebagai hari peringatan kelahiran Tuhannya.5 Langkah Pastikan Kesehatan Mata Terjaga Saat Natal Tiba - 5 Langkah Pastikan Kesehatan Mata Terjaga Saat Natal Tiba

Berbagai persiapan tentu dilakukan untuk mendapatkan Natal yang syahdu namun penuh keceriaan, tanpa ada sedikit pun gangguan yang menghalangi. Tapi apa daya kalau sampai terjadi gangguan pada mata? Meski tetap bisa merayakan Natal bersama keluarga, tentu tidak menyenangkan kalau perayaan hari besar tersebut dijalani dengan mata yang sakit.

Karena itu, Sahabat Braito yang merayakan Natal sudah harus mempersiapkan kesehatan mata jauh-jauh hari sebelum hari besar itu tiba. Berikut adalah lima langkah untuk memastikan kesehatan mata terjaga sepanjang bulan Desember, hingga Natal tiba.

Perhatikan Waktu Saat Melihat Layar Elektronik

Pendaran sinar dari layar elektronik dipercaya mampu bikin mata cepat lelah dan terasa kering. Karena kesibukan yang datang bertubi-tubi, tak terasa mata sudah lama memandang layar komputer atau gadget selama berjam-jam. Padahal hal tersebut tidak seharusnya dilakukan.

Mulai sekarang, lakukan aturan 20, 20, 20, yaitu mengistirahatkan mata setiap 20 menit dengan melihat benda sejauh 20 kaki, atau sekitar 6 meter, selama 20 detik. Cara ini dipercaya bisa membantu mengurangi ketegangan otot mata, sekaligus mencegah terjadinya mata kering.

Pakai Kacamata Saat Berada di Jalanan

Kemasukan debu atau kotoran saat mengendarai kendaraan di jalan bisa merusak Natal ceria Sahabat Braito, lho. Partikel-partikel kecil tersebut bisa membuat mata merah. Apabila dibiarkan bakal menjadi infeksi yang berkepanjangan, bahkan sampai saat hari Natal tiba. Jangan sampai merayakannya dengan mata bengkak atau kesulitan melihat. Selalu pakai pelindung, yaitu kacamata hitam saat berada di jalanan.

Namun bila mata terlanjur terkena debu atau butiran pasir, langkah pertama adalah tidak menguceknya. Segera pinggirkan dan matikan kendaraan terlebih dahulu, kemudian gunakan Braito Original. Gunakan 1-2 tetes pada mata yang terkena iritasi dengan dosis 2-3 kali sehari.

Braito Original dapat membantu meredakan mata yang terkena iritasi. Namun, bila sampai tiga hari penggunaan Braito Original mata masih terasa nyeri, segera kunjungi dokter mata terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Nutrisi untuk Mata

Menurut Dr. Robert D. Butterwick, ahli mata dari Ross Eyecare Group di Atalanta, AS, mata juga perlu asupan khusus dari makanan. Nutrisi yang baik bagi mata adalah asam lemak omega-3, lutein, seng, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Asupan-asupan tersebut terdapat dalam sayuran bayam, kangkung, salmon, tuna, telur, jeruk, dan kacang-kacangan.

Kemudian, makanan tinggi kandungan Zinc, seperti kacang-kacangan, daging merah tanpa lemak, daging unggas juga dapat melindungi mata dari kerusakan karena cahaya. Vitamin A juga bisa membantu mengoptimalkan fungsi organ penglihatan.

Selain itu, makanan-makanan yang baik untuk kesehatan aliran darah juga sangat diperlukan. Tujuannya untuk menjaga kesehatan sel-sel saraf dan pembuluh darah.  Untuk itu, konsumi buah-buahan, sayuran hijau gelap, serta gandum cukup untuk membantu Sahabat Braito menjaga kesehatan mata jelang Natal.

Lensa Kontak dan Rias Mata

Bagi perempuan, wajar bila ingin tampil cantik, terutama saat Natal tiba. Untuk itu, jagalah selalu kebersihan alat-alat kecantikan yang berhubungan dengan mata, seperti lensa kontak dan rias mata. Untuk lensa kontak, perhatikan kebersihan tangan saat memakainya dan jangan dikenakan saat tidur. Selalu perhatikan tanggal kadaluarsa dari cairan yang dipakai untuk merendam lensa kontak tersebut.

Sementara untuk rias mata sebaiknya tidak lagi digunakan setelah berumur lebih dari tiga bulan sejak pembelian. Sama seperti lensa kontak, selalu jaga kebersihan riasan mata agar tidak dihinggapi bakteri atau virus yang bisa mengganggu kesehatan penglihatan Sahabat Braito.

Stop Merokok

Karena rokok dan asapnya bisa menimbulkan keluhan mata kering dan tidak nyaman. Selain itu, rokok juga bisa menjadi penyebab timbulnya katarak dan membahayakan pembuluh darah yang berhubungan dengan retina.

Terakhir, selalu kunjungi dokter mata secara rutin karena gejala gangguan penglihatan itu tidak selalu terlihat. Dengan kontrol ketat terhadap kesehatan mata, merayakan hari Natal bersama keluarga dan teman-teman pun akan terasa lebih ceria dan menyenangkan.

5 Langkah Pastikan Kesehatan Mata Terjaga Saat Natal Tiba | Admin | 4.5