5 Fakta Menarik Seputar Air Mata

By On Senin, April 30th, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Bagi sebagian besar manusia, air mata adalah tanda dari luapan emosi. Benda cair tersebut muncul dari sela-sela mata saat merasa sedih, gembira yang luar biasa, hingga saat mengiringi tawa yang terbahak-bahak. Sebenarnya cairan ini tidak hanya menandakan timbulnya emosi saja. Secara ilmiah, air mata berfungsi sebagai penjaga kelembapan mata. Ya, mata ternyata juga butuh kelembapan. Indera penglihatan yang kehilangan kelembapannya akan memicu mata kering, yaitu suatu kondisi di mana mata dipaksa bekerja terlalu keras.5 Fakta Menarik Seputar Air Mata - 5 Fakta Menarik Seputar Air Mata

Menurut Andrew Weil, MD, pendiri sekaligus direktur Arizona Center for Integrative Medicine, penyebab mata kering bisa diakibatkan oleh cuaca yang kering, terlalu banyak menatap layar kaca tanpa berkedip, atau mengonsumsi obat tertentu. Untuk meredakan gejala mata kering, gunakan tetes mata Braito Tears saat terlalu lama melihat layar monitor atau smartphone. Braito Tears berfungsi untuk menambah atau mengganti cairan air mata yang mengering supaya mata tetap terjaga kelembapannya dan terasa segar.

Lebih lanjut, berikut lima fakta menarik seputar air mata.

3 Jenis Air Mata

Manusia memiliki tiga jenis air mata yang berbeda, yaitu air mata basal, air mata refleks dan air mata emosi. Air mata basal memiliki fungsi membasahi dan menjaga kelembaban mata. Air mata refleks akan dikeluarkan ketika mata mengalami gangguan, seperti kelilipan debu. Sementara air mata emosi akan menetes di pipi yang disebabkan peningkatan lakrimasi karena tekanan emosi.

Sama Dengan Air Liur

Ternyata apa yang ada di dalam air mata itu sama persis dengan air liur. Keduanya memiliki kandungan protein, garam dan hormon. Meski punya komposisi sama, tetapi juga ada perbedaannya, yaitu bau yang dihasilkan.

Air Mata Lebih Lekat Dengan Perempuan

Ini bukanlah sebuah judul novel. Disebutkan dalam sebuah penelitian bahwa perempuan berinteraksi lebih banyak dengan air mata ketimbang kaum pria. Bila dihitung, kaum hawa mengeluarkan air mata lima kali lebih banyak dibandingkan dengan pria. Selain itu, wanita kalau menangis bisa tahan hingga sekitar enam menit, sementara pria tidak membutuhkan waktu begitu lama, yaitu hanya dua sampai empat menit saja.

Air Mata Bisa Keluar Dari Hidung

Masih bingung mengapa orang menangis juga keluar ingusnya? Begini penjelasannya. Saat menangis, kelenjar air mata akan memproduksi air mata secara berlebihan. Karena kelebihan ini, sering kali air mata yang tak tertampung keluar dari lubang hidung.

Pereda Stres

Semua pasti setuju dengan pendapat bahwa menangis akan mengangkat beban berat yang dipikul seseorang. Pernyataan ini ada benarnya. Menurut sebuah penelitian, air mata yang mengalir ketika menangis timbul karena rangsangan pada hormon yang berhubungan dengan emosi atau rasa sedih. Ketika kesedihan tersebut tersalurkan, maka hormon tersebut juga berkurang lewat tetesan air mata. Itulah alasan mengapa menangis bikin beban hidup jadi lebih enteng.

Lima fakta di atas menunjukkan betapa banyaknya makna dari setetes air mata. Untuk itu selalu jaga kesehatan mata supaya bisa tetap memberikan kebaikan bagi pemiliknya.

5 Fakta Menarik Seputar Air Mata | Admin | 4.5