5 Fakta Kesehatan Seputar Mata yang Sebaiknya Kamu Baca

By On Selasa, Mei 1st, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Mata adalah jendela bagi manusia untuk melihat dunia. Tanpanya, mustahil peradaban di Bumi bisa sampai setinggi ini. Dengan mata, orang bisa mempelajari, memahami, dan mengerjakan apa yang mereka lihat.5 Fakta Kesehatan Seputar Mata yang Sebaiknya Kamu Baca - 5 Fakta Kesehatan Seputar Mata yang Sebaiknya Kamu Baca

Karena itu tidak salah kalau ada banyak ajakan untuk merawat kesehatan mata. Fakta tak bisa berbohong. Manusia hanya dibekali dengan dua bola mata yang harus digunakan seumur hidup. Kalau rusak dan tidak berfungsi maksimal, sang pemilik yang rugi. Betul, tidak, Sahabat Braito?

Tak kenal maka tak sayang. Biar lebih sayang dengan indera penglihatanmu, ketahui fakta-fakta kesehatan seputar mata.

Matahari Bisa Merusak Mata
Fakta ini mungkin sedikit ironis. Matahari yang menyinari dan menerangi dunia harus bermusuhan dengan mata. Padahal, tanpa matahari, mata tidak akan bisa menikmati indahnya dunia. Namun fakta tersebut ada benarnya karena melihat matahari secara langsung, atau membiarkan sinar ultraviolet ditangkap oleh mata akan menyebabkan retinopati solar, yaitu rusaknya retina akibat radiasi sinar matahari.

Mata Butuh Nutrisi
Sama seperti kulit dan rambut, mata pun juga membutuhkan nutrisi untuk merawat kesehatannya. ‘Obat’ supaya mata tetap sehat adalah karoten, yang bisa didapatkan dari wortel, pepaya, mangga, atau buah merah dari Papua.

Selain itu, harus dipahami pula bahwa dengan memakan wortel tidak akan memperbaiki mata yang sudah mengalami minus, plus, atau silinder. Vitamin A yang disediakan oleh sayuran memiliki peran untuk meningkatkan fungsi penglihatan, bukan untuk memperbaiki sistem optic. Biasanya untuk memperbaikinya akan dilakukan operasi mata.

Mata Terdiri Dari Jutaan Komponen
Mata adalah salah satu organ tubuh yang sangat-sangat kompleks. Hanya untuk membentuk bola mata yang bisa melihat sekitar, dibutuhkan satu juta komponen yang tersusun dengan sangat rumit, sangat kompleks. Tak heran, dengan keistimewaan ini, mata sempurna bisa melihat dan mengidentifikasi berbagai warna, berikut dengan obyek-obyek yang dilihatnya.

Tidak Benar-Benar Melihat Dengan Mata
Fakta terakhir dan paling mengagetkan adalah kenyataan bahwa sebenarnya manusia tidak melihat langsung dengan mata. Sebenarnya yang menggambarkan penglihatan adalah otak, bukan mata. Indera penglihatan hanya berfungsi untuk mengumpulkan semua informasi tentang obyek yang terlihat olehnya, kemudian mengirimkannya ke otak untuk diproses. Dari situ kemudian otak mengolahnya dan menghasilkan bayangan seperti yang mata lihat.

Jangan Membaca Terlalu Dekat
Fakta menunjukkan bahwa membaca dengan jarak yang terlalu dekat dengan sumber bacaan akan membuat mata cepat lelah. Bila dibiarkan dan terbiasa dengan pola hidup semacam ini, orang tersebut bakal mengalami rabun jauh. Bacalah dengan duduk yang tegak dan berikan jarak kurang lebih 30 cm dari buku.

Itulah lima fakta kesehatan seputar mata. Dengan memahaminya, diharapkan Sahabat Braito jadi lebih tahu bagaimana merawat mata dengan baik dan benar. Ingat, selalu jaga kesehatan penglihatan karena Tuhan hanya memberikan dua mata, tanpa ada mata cadangan bila ada salah satu yang rusak.

5 Fakta Kesehatan Seputar Mata yang Sebaiknya Kamu Baca | Admin | 4.5