5 Cara Merawat Kesehatan Mata Setiap Hari

By On Selasa, Mei 1st, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Mata adalah salah satu organ yang sangat vital bagi manusia. Tanpa memiliki indera penglihatan, seseorang tidak akan bisa menikmati indahnya dunia. Matahari terbit berlalu begitu saja. Hujan dan pelangi seperti tidak ada artinya. Karena itu, merawat kesehatan mata itu sangat penting dan perlu. Namun harus diingat bahwa merawat kesehatan mata tidak hanya mengistirahatkan mata saat lelah. Ada banyak cara untuk menjaganya supaya tetap optimal.5 Cara Merawat Kesehatan Mata Setiap Hari - 5 Cara Merawat Kesehatan Mata Setiap Hari

Penasaran? Coba simak cara-cara merawat kesehatan mata yang bisa dilakukan setiap hari.

Atur Jarak Antara Mata dengan Perangkat Elektronik

Di dunia yang semakin modern ini, manusia tak bisa lepas dari perangkat elektronik, terutama smartphone. Hal ini karena segala hal hampir selalu berhubungan dengan smartphone. Mencari menu masak dari smartphone, bermain game juga pakai smartphone, mencari pasangan pun juga bisa dilakukan dengan smartphone.

Karena mata tak pernah lepas dari perangkat elektronik, sebaiknya rawatlah kesehatan mata dengan kesadaran dari diri sendiri. Menurut dr. Made Susiyanti, SpM (K), ahli mata dari RSCM Kirana, sudah saatnya manusia memberikan jarak yang pas antara mata dengan gadget, yaitu sekitar 30 sentimeter. Dikhawatirkan, pendaran atau radiasi cahaya yang kuat dari layar bisa menimbulkan gejala mata lelah.

Bila terlanjur, berikan pertolongan pertama dengan tetes mata Braito Tears. Obat tetes mata ini bekerja efektif menggantikan fungsi cairan mata yang berkurang karena kelelahan. Untuk dosis yang tepat, teteskan 1-2 tetes Braito Tears pada kedua mata. Lakukan sebanyak 2-3 kali sehari.

Makan Buah-Buahan dan Sayuran

Ada banyak kandungan gizi yang menyehatkan mata yang terdapat pada buah dan sayuran. Salah satunya adalah wortel, yang mengandung beta karoten. Zat ini adalah antioksidan yang dapat memperkuat mata, sekaligus mengurangi risiko degenerasi makula.

Olahraga Mata

Sama seperti anggota tubuh lainnya, mata juga memiliki otot yang bisa dilatih agar kuat dan sehat. Untuk olahraga mata, coba fokuskan mata pada objek yang dekat, kemudian pindahkan ke objek yang jauh. Lakukan cara ini beberapa kali dan lakukan setiap hari.

Latihan lainnya adalah dengan menutup mata menggunakan telapak tangan. Kemudian jauhkan telapak tangan selama 10 detik dan buka mata. Setelah itu kembali tutup mata dengan telapak tangan. Ulangi beberapa kali dan lakukan setiap hari.

Hindari Kebiasaan Kucek Mata

Tangan manusia sering bersentuhan dengan berbagai benda yang kotor dan berkuman. Selain menjaga kebersihannya dengan mencuci tangan, jangan lupa untuk menghilangkan kebiasaan mengucek mata saat terasa gatal atau tidak nyaman. Dikhawatirkan, kuman atau bakteri yang belum terbasuh berpindah ke mata.

Istirahatkan Mata

Mata pun juga bisa letih setelah diajak beraktivitas seharian. Supaya ia kembali segar, ajaklah untuk menikmati pemandangan yang indah. Bisa dilakukan dengan berjalan-jalan di taman, menikmati pemandangan kota dari ketinggian gedung, atau menyisihkan waktu di akhir pekan untuk berlibur ke luar kota.

Dengan menjaga kesehatan mata, penglihatan pun bisa tetap terjaga kekuatannya hingga usia senja. Mulailah untuk memperhatikan dan merawat kesehatan mata dari sekarang.

5 Cara Merawat Kesehatan Mata Setiap Hari | Admin | 4.5