5 Cara Mengatasi Mata Merah Lebih Cepat dan Tepat

By On Selasa, Mei 1st, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Mata merah bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Ketika sedang asik-asiknya memacu kendaraan di jalanan pedesaan tiba-tiba saja mata terasa pedas dan tidak nyaman. Ternyata saking asiknya menikmati hawa pedesaan, tutup pelindung wajah lupa ditutup dan seekor kumbang pun hinggap di dalam kelopak mata. Sangat menyebalkan!5 Cara Mengatasi Mata Merah Lebih Cepat dan Tepat - 5 Cara Mengatasi Mata Merah Lebih Cepat dan Tepat

Selain itu, mata merah bisa terjadi tiba-tiba, terutama untuk Sahabat Braito yang tinggal di perkotaan. Polusi udara, debu, serta kotoran bisa menyebabkan iritasi mata. Tidak hanya membuat mata pedih, tapi juga berubah menjadi kemerahan.

Pertolongan pertama untuk mengatasi mata merah adalah dengan tidak menggosoknya. Selain bisa menularkan virus, menurut dr. Miriam Stoppard dalam buku “Parenting Guide,” menggosok mata bisa membuat kotoran atau hewan yang tersangkut di dalam menyebabkan kerusakan jaringan mata akibat gesekan. Selain itu, virus juga bisa menularkan penyakit ke mata sebelahnya.

Ada lima cara untuk mengatasi mata merah akibat iritasi. Apa saja? Yuk, simak pada artikel di bawah ini.

Gunakan Air Bersih

Bila kebetulan membawa air minum atau mineral yang bersih, segera buka mata lebar-lebar dan tuangkan air ke mata. Diharapkan dengan cara ini, si serangga atau kotoran akan keluar dengan sendirinya bersama air tersebut.

Berikan Obat Tetes Mata

Selain dengan air bersih, gunakan obat tetes mata yang terjamin kebersihan dan steril untuk membasuh mata yang terkena debu, kotoran atau hewan kecil. Pakailah Braito Original. Braito Original dapat membantu meredakan iritasi mata yang salah satunya diakibatkan oleh debu maupun serangga. Teteskan 1-2 tetes Braito Original pada bagian mata yang terkena iritasi saja. Lakukan sebanyak 2-3 kali sehari, hingga mata berangsung pulih kembali.

Aplikasikan Masker Mentimun

Bila mata terasa gatal dan mulai memerah, mentimun bisa menjadi solusi yang tepat untuk meredakannya. Ambil timun (dingin, dari kulkas lebih baik) dan potong bagian atasnya. Gunakan potongan tersebut untuk ditempelkan pada mata. Sensasi dingin akan membuat mata terasa lebih rileks. Selain itu, mentimun juga mengandung anti-iritasi yang akan mengurangi peradangan atau bengkak pada mata.

Coba Masker Kentang

Sama seperti mentimun, kentang pun juga bisa digunakan untuk mengatasi mata merah. Cukup iris kentang mentah (dingin lebih baik) dan letakkan di atas mata. Hawa dingin dari kentang tersebut akan menghentikan rasa gatal, sekaligus meredakan mata merah.

Manfaatkan Pula Susu Segar

Ada sekotak susu di atas meja? Pakai saja untuk meredakan mata merah dan lelah saat bekerja lembur di kantor. Basahi kapas dengan susu kemudian letakkan di atas mata. Sensasi menyejukkan yang diberikan oleh susu tersebut akan membuat mata jadi terasa lebih enteng dan nyaman.

Kelima cara tersebut akan lebih baik Sahabat Braito terapkan, daripada mengucek mata menggunakan tangan saat tiba-tiba terkena iritasi mata. Namun, jika dengan cara tersebut, mata merah masih terjadi, segera temui dokter mata untuk pemeriksaan lebih lanjut. Jadi, selalu jaga kesehatan mata dan tetap waspada.

5 Cara Mengatasi Mata Merah Lebih Cepat dan Tepat | Admin | 4.5