5 Bahaya Sering Mengucek Mata

By On Rabu, Mei 2nd, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Mata adalah jendela dunia. Dengan mata, manusia bisa menikmati keindahan Bumi. Dengan mata pula Sahabat Braito bisa beraktivitas dengan bebas.5 Bahaya Sering Mengucek Mata - 5 Bahaya Sering Mengucek Mata

Namun seperti organ-organ tubuh lainnya, mata juga bisa mengalami gangguan kesehatan. Salah satu yang sering terjadi adalah mata gatal yang bisa disebabkan oleh iritasi mata akibat kemasukan benda asing, atau mata kering akibat terlalu lama melihat layar komputer di kantor.

Satu hal yang harus diketahui oleh Sahabat Braito ketika mengalami mata gatal adalah jangan menguceknya. Sebab, ada dampak negatif di balik seringnya jari mengucek mata untuk menghilangkan rasa gatal. Apa saja?

Menyebabkan Tekanan Pada Mata

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Profesor Charles McMonnies dari UNSW School of Optometry and Vision Science, mengucek mata akan menimbulkan tekanan 10 kali lebih berat dari tingkatan normal. Bila sering dilakukan bisa menimbulkan kerusakan pada organ-organ mata, lho.

Meningkatkan Risiko Paparan Virus dan Bakteri

Dr. Marita Long, juru bicara Royal Australian College of General Practitioners menyebutkan bahwa mengucek mata itu meningkatkan risiko paparan virus dan bakteri. Tangan adalah bagian tubuh yang aktif dalam berinteraksi dengan banyak orang atau pun benda. Tentu saja, akan ada banyak virus dan bakteri yang berkumpul di sana saat beraktivitas. Tangan yang kotor akan meningkatkan risiko terjadinya konjungtivitis, atau peradangan pada selaput bening mata akibat infeksi virus dan bakteri yang berpindah dari tangan ke mata.

Memperparah Glaukoma

Profesor McMonnies juga mengingatkan bahwa kucekan bisa memperparah keadaan mata yang mengalami glaukoma. Tekanan akibat mengucek mata bisa mengganggu aliran darah di bagian belakang mata sekaligus meningkatkan risiko kerusakan saraf yang berujung pada kebutaan.

Mengakibatkan Keratoconus

Sering mengucek mata juga bisa menyebabkan keratoconus, di mana kornea mata melemah dan terdorong ke depan, mengubah bentuknya menjadi kerucut. Mata yang tak lagi normal akan membuat penglihatan menjadi terganggu.

Bintitan

Bakteri yang masuk ke mata juga bisa menyebabkan mata bintitan. Meskipun tidak berbahaya tapi bintitan ini tergolong penyakit yang cukup menyiksa. Selain menimbulkan sensasi nyeri, kepercayaan diri pun jadi hilang. Hal ini tak lepas dari mitos bahwa orang bintitan itu disebabkan karena sering mengintip orang mandi. Pasti sakit hati kalau bintitan kemudian dituduh yang tidak-tidak.

Menggosok mata mungkin adalah aktivitas yang remeh, tapi dampaknya sangat serius, bahkan bisa menyebabkan hilangnya penglihatan. Oleh karena itu, berhati-hatilah setiap kali mengalami mata gatal. Gunakan obat tetes mata untuk meredakan iritasi mata, seperti Braito Original Sekali Pakai. Obat tetes mata terbaik ini mengandung Tetrahydrozoline Hydrochloride 0,05% yang efektif mengatasi iritasi mata ringan.

Selain itu, Braito Original Sekali Pakai ini punya kemasan  satuan yang praktis dan higienis, sehingga aman dibagikan baik untuk keluarga maupun teman. Gunakan 1-2 tetes pada mata yang mengalami iritasi, sebanyak 2-3 kali sehari. Namun, jika sakit mata terus berlanjut, segera periksakan ke dokter mata untuk mendapatkan pemerikaan secara intensif.

5 Bahaya Sering Mengucek Mata | Admin | 4.5